Sukses

Stafsus Mendagri: Gagasan dan Aksi Nyata Tangani Covid-19 Kunci Menangi Pilkada 2020

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian bahkan telah berulang kali menggelorakan pilkada sebagai sarana bagi gerakan bersama melawan COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta Staf Khusus Menteri Dalam Negeri bidang Politik dan Media Kastorius Sinaga menyebutkan gagasan dan aksi nyata tangani COVID-19 sebagai tema kampanye bisa memuluskan peserta pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak 2020 untuk memenangi kontestasi.

Kastorius Sinaga mencontohkan pemilu di Selandia Baru. Aksi nyata penanganan COVID-19 telah membuat Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern berhasil memenangi pemilu. 

Kastorius Sinaga menjelaskan rangkaian tahapan pemilu Selandia Baru yang telah berlangsung menunjukkan bahwa pasangan calon yang memiliki program konkret melawan COVID-19 dan menangani dampak sosial ekonominya, memiliki peluang lebih besar untuk memenangi pemungutan suara.

 "Itu isu yang riil dihadapi masyarakat sekarang dan akan terus berlanjut beberapa tahun ke depan, isu dampak sosial ekonomi COVID-19 amat luas. Tema penanganan COVID-19 berikut dampak ekonominya harus menjadi fokus, bukan debat mengawang-awang atau sekadar normatif tentang hal yang belum riil seperti peningkatan kesejahteraan rakyat," jelasnya. 

Dia juga menjelaskan, bahwa sejak awal Kemendagri mendorong para paslon untuk memiliki konsep riil penanganan pandemi dan dampak sosial ekonominya di daerah masing-masing. 

"Dengan demikian, para paslon akan beradu gagasan, aksi nyata yang bisa diukur oleh pemilih tentang penanganan COVID-19 sehingga hal itu menjadi warna dominan kampanye pilkada," tuturnya dilansir Antara. 

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian bahkan telah berulang kali menggelorakan pilkada sebagai sarana bagi gerakan bersama melawan COVID-19. 

Upaya itu telah menunjukkan hasil, terlihat dari grafik penurunan pelanggaran terhadap protokol kesehatan dalam rangkaian pilkada.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peran Para Pemangku Kepentingan

Dorongan Mendagri membuat para paslon aktif membagi alat pelindung diri seperti masker dan hand sanitizer sebagai alat peraga kampanye. 

Dia pun berharap semua rangkaian pilkada dapat mendorong para pemangku kepentingan, termasuk paslon agar belajar dan berpikir serta berbuat untuk penanganan COVID-19. 

"Kalau ini terjadi maka masyarakat akan mengapresiasi pilkada, para pemilih juga menjadi tidak khawatir, dengan memiliki keyakinan bahwa pilkada justru dapat menekan penularan COVID-19," kata Kastorius. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.