Sukses

Mujiaman Siap Lestarikan Seni Tradisional di Surabaya

Liputan6.com, Jakarta - Calon Wakil Wali Kota Surabaya Mujiaman berharap, kesenian tradisional dapat dilestarikan oleh anak-anak muda yang ingin menekuninya. Sebab, dengan adanya kemauan dan upaya, pasti ia akan mampu berkreasi, berinovasi dalam memunculkan nada-nada baru sesuai kebutuhan zaman.

"Anak muda yang mau menyentuh kesenian tradisional sudah pasti mereka akan mempunyai keinginan untuk melakukan inovasi. Saya ingin terus kesenian tradisional selamanya bisa berinovasi sesuai kebutuhan zaman. Kesenian harus selalu dilestarikan," ujarnya, dalam keterangan tertulis, Kamis (15/10/2020).

Mujiaman mengaku sejak kecil sangat menyukai kesenian tradisional. Dia mengaku piawai memainkan alat musik gamelan.

"Jadi saya lebih ingin melestarikan kesenian tradisional khususnya gamelan. Karena ada suatu kebanggaan tersendiri, bahwa Indonesia telah mengenal lebih dahulu tentang teknologi logam. Logam itu teknologi tinggi sebenarnya,"ujar Mujiaman.

Selain itu, Mujiaman menyebut, kalau seseorang telah menyukai kesenian tradisional. Dia akan membentuk apapun itu dengan sehalus mungkin.

Salah satunya, dapat menjaga perasaan orang lain dan memiliki nilai-nilai kesantunan dalam menghargai seseorang.

"Dalam menyampaikan kata pun akan dibuat sehalus-halusnya untuk menjaga perasaan orang lain. Sehingga para pelaku seni semakin santun dalam menghargai orang," ungkap Mujiaman.

2 dari 3 halaman

Dua Calon Bersaing

Pilkada Surabaya 2020 diikuti dua pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota. pasangan nomor urut satu yaitu Eri Cahyadi dan Armuji. Pasangan ini diusung oleh PDI Perjuangan dan didukung oleh PSI.

Selain itu mereka juga mendapatkan tambahan kekuatan dari enam partai politik non-parlemen, yakni Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Hanura, Partai Berkarya, PKPI, dan Partai Garuda.

Sedangkan pasangan nomor urut dua yaitu  Machfud Arifin-Mujiaman, yang diusung koalisi delapan partai yakni PKB, PPP, PAN, Golkar, Gerindra, PKS, Demokrat, dan Partai Nasdem serta didukung partai non-parlemen yakni Partai Perindo.

Di hari yang sama, rival Machfud-Mujiaman  Eri Cahyadi-Armudji, melalui Relawan Sahabat Eri Cahyadi (SAE) di Pilkada Surabaya, berkeliling kampung dan mengecat jalanan di perkampungan. 

"Pengecetan dilakukan relawan dan dibantu warga setempat. Ini program pro rakyat yang banyak didukung, dan terinspirasi Mas Eri Cahyadi dan Cak Armudji yang selama pengabdiannya di Pemkot Surabaya serta DPRD sangat getol menata kampung," kata Sekjen SAE Hariyanto, Kamis (15/10/2020).

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: