Sukses

Strategi Machfud Arifin Bangkitkan Sektor UMKM Surabaya

Liputan6.com, Jakarta - Calon Wali Kota Surabaya Machfud Arifin memastikan pemerintah akan memerhatikan sektor UMKM di Kota Pahlawan bila menjadi orang nomor satu. 

Machfud juga telah menyiapkan program inkubasi agar UMKM Kota Surabaya dapat menjadi lebih maju dari saat ini. Di dalam program inkubasi ini, pria kelahiran Ketintang tersebut berkomitmen membantu sektor UMKM mulai dari permodalan, pelatihan, pendampingan hingga pemasaran.

"Perhatian terhadap sektor UMKM kita harus ditingkatkan. Kami akan hadir memberikan bantuan mulai dari modal hinggal pemasaran bila diamanahkan menjadi pemimpin di pemerintahan," tutur Machfud saat menemui masyarakat di Kota Surabaya, Rabu (14/10/2020).

Lebih lanjut, mantan Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jatim Jokowi-Ma'ruf ini mengatakan UMKM Surabaya sarat akan potensi. Maka dari itu perlu pendampingan dari pemerintah secara menyeluruh dan berkelanjutan agar produk yang dihasilkan tidak hanya dapat dipasarkan di Kota Surabaya, namun juga daerah lain.

"Pangsa pasar kita ini luas, tidak hanya sebatas untuk Surabaya saja, tapi Jawa Timur dan seluruh Indonesia. Karenanya produk yang dihasilkan harus bagus dan ini pasti kami bantu, masyarakat Surabaya tidak akan kami biarkan berjuang sendirian untuk meraih kesejahteraan," ujarnya.

Machfud juga akan bekerjasama dengan organisasi pelatihan dan pendampingan UMKM seperti Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) untuk membantu masyarakat. Apalagi istrinya merupakan salah satu pengurus pusat Dekranas Indonesia.

"Itu juga akan membantu UMKM Surabaya. Kebetulan ibu juga pengurus Dekranas pusat, Insya Allah dengan saling bekerja sama baik UMKM dan masyarakat Kota Surabaya kan menjadi lebih maju dari saat ini," pungkas  Machfud.

 

2 dari 3 halaman

Diikuti Dua Pasang Calon

Sementara itu, Rival Machfud di Pilkada Surabaya, Eri Cahyadi berkomitmen untuk meneruskan visi pemerataan ekonomi yang dilakukan Tri Rismaharini dalam membangun Kota Surabaya.

Eri mengatakan, dirinya memiliki visi yang sama dengan Risma, yakni menyejahterakan seluruh masyarakat Surabaya. Dia mengaku, visi ini sudah tertanam dalam dirinya sejak mengabdi di Pemkot Surabaya dan membantu Risma sejak 2001.

"Bu Risma pernah menyatakan, tidak ada namanya pemimpin sejati. Pemimpin sejati yang sebenar-benarnya adalah seluruh warga Surabaya. Maka dari itu, kebaikan tak cuman untuk diteruskan saja, tapi harus dibentangkan, untuk seluruh masyarakat. Kita melayani masyarakat, bergotong-royong bersama," kata Eri, Rabu, 30 September 2020.

Pilkada Surabaya 2020 diikuti dua pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota. pasangan nomor urut satu yaitu Eri Cahyadi dan Armuji. Pasangan ini diusung oleh PDI Perjuangan dan didukung oleh PSI.

Selain itu mereka juga mendapatkan tambahan kekuatan dari enam partai politik non-parlemen, yakni Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Hanura, Partai Berkarya, PKPI, dan Partai Garuda.

Sedangkan pasangan nomor urut dua yaitu  Machfud Arifin-Mujiaman, yang diusung koalisi delapan partai yakni PKB, PPP, PAN, Golkar, Gerindra, PKS, Demokrat, dan Partai Nasdem serta didukung partai non-parlemen yakni Partai Perindo.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: