Sukses

PAN: Parpol Ikut Terlibat Penegakkan Protokol Kesehatan, Jangan Hanya Ingin Menang

Sebagai sebuah lembaga, politikus PAN ini juga mengingatkan, bahwa sejatinya partai politik tidak hanya sebatas mencari kemenangan saja.

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN), Eddy Soeparno mengatakan, partai politik harus ikut bertanggungjawab terhadap hal-hal apa saja yang dilakukan oleh pasangan calon yang diusung dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020.

Menurutnya salah satu bentuk tanggungjawab itu berupa mengantisipasi agar jangan sampai pesta demokrasi terjadi penyebaran coronavirus disease 2019 atau Covid-19. 

"Ini adalah momentum menunjukkan partai politik bertanggungjawab dalam proses demokrasi," kata Eddy Soeparno, saat dihubungi, Minggu (27/9/2020).

Sebagai sebuah lembaga, politikus PAN ini juga mengingatkan, bahwa sejatinya partai politik tidak hanya sebatas mencari kemenangan saja. 

"Di mana partai politik tidak hanya mau menang saja. Tetapi harus bertanggungjawab dalam pemenangan tersebut," ujar Eddy dilansir Antara. 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Parpol Terlibat Penegakan Protokol Kesehatan

Eddy pun menegaskan, partai politik juga harus terlibat terkait penerapan protokol kesehatan. 

Untuk itu dia meminta parpol jangan hanya menyerahkan kepada aparat penegak hukum atau lembaga penyelenggara pilkada di tingkat daerah.

"Memang penegakan protokol kesehatan itu tidak hanya sepenuhnya menjadi tanggungjawab aparat penegak hukum, aparat pelaksana dari kegiatan pemilu, KPU, Bawaslu. Tetapi, juga partai politik," kata dia.

"Parpol adalah bagaimanapun juga mereka adalah yang mengusung pasangan calon dan bagi parpol protokol kesehatan harus betul-betul ditaati," ujarnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.