Sukses

DPR Apresiasi Sinergi dalam Menegakkan Protokol Kesehatan di Pilkada 2020

Ketaatan paslon mengikuti ketentuan yang berlaku menambah situasi dapat terkendali sehingga nihil kerumunan.

Liputan6.com, Jakarta - Proses tahapan pengambilan nomor urut pasangan calon (Paslon) pada Pilkada 2020 yang berjalan kondusif menuai apresiasi. Hasil ini berkat sinergi antarlembaga yang mampu menegakan PKPU (Peraturan Komisi Pemilihan Umum) Nomor 13 Tahun 2020.

"Tahapan tahapan ini dapat berjalan baik tentu bersandar kepada PKPU 13 menyangkut pedoman, aturan pelaksanaan tahapan Pilkada yang harus tunduk pada protokol kesehatan Covid-19," tegas Anggota Komisi II DPR Junimart Girsang di Jakarta, Jumat (25/9/2020).

Menurut dia, sinergitas antarlembaga mulai dari KPU (Komisi Pemilihan Umum), Bawaslu (Badan Pengawas Pemilihan Umum) hingga aparat penegak hukum menghasilkan kinerja yang baik pada tahapan ini. Tidak lupa ketaatan paslon mengikuti ketentuan yang berlaku menambah situasi dapat terkendali sehingga nihil kerumunan.

"Beban penerapan protokol ini menjadi bagian dari tugas peserta atau paslon yang apabila tidak dipatuhi maka paslon bisa dikenakan sanksi administratif dan sanksi hukum. Jadi bisa efektif dan kondusif tahapan kemarin karena adanya kesadaran dan beban, tanggung jawab penerapan protokol oleh paslon," paparnya.

Ia menekankan capaian ini harus terjaga supaya pada tahapan berikutnya yakni masa kampanye kondisinya bisa kembali kondusif.

"Setiap orang wajib tertib patuh terhadap protokol kesehatan dalam pilkada sesuai PKPU 13," pungkas Junimart.

Apresiasi lainnya juga datang dari Ketua Milenial Muslim Bersatu (MMB) Khairul Anam. Ia mengatakan, seluruh pihak yang terlibat dalam gelaran Pilkada 2020 berupaya menjaga kondisi. Capaian ini membuktikan Indonesia tengah berupaya menjaga negara demokrasi yang mapan.

"Mengapresiasi semua stakeholder yang telah menunjukkan kekompakannya yang tercermin saat proses pengundian nomor urut paslon berjalan lancar dengan penerapan prokol kesehatan yang ketat," ungkap Anam.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Momentum Memerangi Covid-19

Komisi Pemilihan Umum (KPU), Bawaslu, paslon (pasanggan calon), parpol (partai politik) pendukung yang didukung oleh aparat Polri dan TNI terbukti bersinergi yang menghasilkan ketaatan pada protokol kesehatan.

Dia menjelaskan, totalitas dan semangat semua pihak dalam bekerja untuk menyukseskan pilkada di massa pandemi saat ini patut diacungi jempol.

"Terima kasih telah menjadikan pilkada sebagai momentum untuk memerangi penyebaran Covid-19, melalui kerja keras, ikhlas dan tuntas," tutupnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.