Sukses

Mantan Wali Kota Palu 2 Periode dan Sekdaprov Maju di Pilkada Sulteng

Masing-masing bakal calon menunjukkan keseriusannya bertarung untuk saling berebut suara pemilih dalam Pilkada nanti.

Liputan6.com, Palu - Geliat Pilkada Sulawesi Tengah tahun 2020 mulai terasa. 2 pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur sejauh ini telah memantapkan diri bertarung dalam pesta demokrasi 5 tahunan itu setelah mengantongi dukungan dari partai politik.

Hingga masuk tahapan pendaftaran calon peserta Pilkada Sulteng ke KPU, Jumat (4/9/2020). Dua pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur belum satu pun yang datang mendaftar ke KPU Sulteng. Walau begitu masing-masing bakal calon sudah menunjukkan keseriusannya “bertarung” untuk saling berebut suara pemilih.

Pasangan pertama yang sudah mendeklarasikan diri yakni Rusdi Mastura dan Ma’mun Amir. Pasangan ini mendeklarikan diri pada Kamis sore (3/9/2020) di halaman Kantor Partai NasDem Sulteng yang mengusung mereka dalam koalisi bersama 9 partai lainnya yakni PAN, Hanura, Partai Garuda, PKB, Perindo, Golkar, Nasdem, PKS, PPP, dan PRD.

Bagi Rusdi Mastura sendiri berkompetisi dalam pilkada Sulteng adalah kali ke-2 dilakoninya setelah hal sama dilakukannya pada pilkada tahun 2015 silam.

 “Perjuangan ini perjuangan bersama partai pengusung, simpatisan, relawan, dan masyarakat sulteng,” kata Rusdi Mastura, bakal calon gubernur sulteng yang juga mantan Wali Kota Palu tahun 2005 hingga 2015 itu, Kamis (3/8/2020).

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dari PNS Maju Pilkada

Sehari setelah pasangan Rusdi Mastura dan Ma’mun Amir mendeklarasikan diri, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sulawesi Tengah, Mohamad Hidayat Lamakarate menyatakan sikapnya untuk menjadi Bakal Calon Gubernur Sulteng. Sikap itu ditunjukkannya dengan menyampaikan secara resmi surat pengunduran dirinya sebagai Sekdaprov sekaligus PNS ke Gubernur Sulteng, Longki Djanggola pada Jumat (4/9/2020).

“Ini dalam rangka memenuhi syarat administrasi ketika saya bersama pasangan mendaftar ke KPU. Besok juga kami akan deklarasi bersama partai pengusung,” Kata Hidayat Lamakarate di Kantor Gubernur, Jumat (4/9/2020).

Bersamaan dengan pengajuan pengunduran dirinya, pejabat Sekdaprov Sulteng selama 3 tahun itu juga resmi mengembalikan semua aset daerah yang melekat padanya.

Hidayat Lamakarate akan berpasangan dengan Bartholomeus Tandigala sebagai Bakal Calon Wakil Gubernurnya. Pasangan itu sejauh ini mendapat dukungan dari 4 partai, yakni Gerindra, PDI Perjuangan, Bulan Bintang, dan Berkarya.

Baik pasangan Rusdi – Ma’mun maupun HIdayat – Bartho akan mendaftar ke KPU sebagai Calon Gubernur dan wakil Gubernur Sulteng pada Sabtu (5/9/2020). Sementara waktu pendaftaran sendiri akan berakhir pada Minggu (5/9/2020) pukul 24.00 Wita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.