Sukses

Umumkan Cakada Bergelombang, PDIP Dinilai Paling Siap Hadapi Pilkada 2020

Menurut Emrus, pengumuman cakada yang sejauh ini sudah dilakukan tiga kali menunjukkan bahwa PDIP adalah salah satu partai yang paling siap hadapi Pilkada serentak mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Eksekutif Lembaga Emrus Corner, Emrus Sihombing mengatakan, langkah PDIP mengumumkan calon kepala daerah (Cakada) yang akan bertarung di Pilkada serentak 2020 merupakan hal positif.

Menurut Emrus, pengumuman cakada yang sejauh ini sudah dilakukan tiga kali menunjukkan bahwa PDIP adalah salah satu partai yang paling siap hadapi Pilkada serentak mendatang.

"Tidak salah jika berpendapat bahwa partai ini sangat siap menghadapi Pilkada," kata Emrus, Rabu (12/8/2020).

Emrus menilai, pengumuman cakada yang dilakukan secara bertahap menunjukkan bahwa ada proses atau mekanisme di internal partai yang bekerja khususnya dalam merencanakan kegiatan Pilkada terutama pada tahap penetapan calon.

"Partai ini terbukti menang pemilu dua kali berturut-turut. Kader partai ini juga memiliki militansi dan soliditas tinggi. Jadi persiapan benar-benar dilakukan matang," kata Emrus.

Sementara itu terkait potensi kemenangan PDIP di Pilkada, Emrus mengatakan belum ada prediksi lebih jauh. Namun demikian, dia meyakini PDIP telah menyiapkan kader-kader terbaiknya untuk berlaga di Pilkada.

"Mereka pasti telah menyiapkan kader kader yang paling memungkinkan menang dalam pilkada. Termasuk kader lama atau kader yang baru bergabung," kata Emrus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

75 Cakada

Dewan Pimpinan Pusat Partai Persatuan Demokrasi Perjuangan PDIP resmi mengumumkan 75 pasangan calon kepala daerah yang diusung partai berlambang banteng itu di Pilkada Serentak 2020.

Adapun, pengumuman itu langsung disaksikan oleh Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri bersama Sekretaris Jenderal Hasto Kristiyanto, secara virtual, Selasa (11/8/2020).

Nama-nama calon kepala daerah dibacakan oleh Ketua DPP PDIP bidang politik Puan Maharani, yang hadir secara virtual bersama Megawati dari kediaman Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat.

"75 calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah Pilkada serentak tahun 2020 yang diumumkan pada tahap ketiga di DPP PDI Perjuangan. Semoga calon-calon ini bisa segera berjuang mulai dari sekarang," kata Puan usai membacakan keseluruhan daftar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.