Sukses

Seruan Damai dari Relawan Gibran Rakabuming Lewat Karikatur di Pilkada Solo

Empat karikatur berisi ajakan menjaga Pilkada Solo tetap damai itu dipajang di Kafe Ngopi Serius dan mendapat perhatian para pengunjung.

Jakarta Para sukarelawan Gibran Rakabuming Raka yang tergabung dalam komunitas Kancane Gibran Gaess (Kagege) memiliki cara unik untuk menyampaikan harapan serta seruan untuk menciptakan Pemilhan Kepala Daerah (Pilkada) Solo 2020 yang damai dan bebas konflik.

Lewat sebuah karya karikatur, mereka menyampaikan berbagai pesan moral maupun bernada sindiran. Karikatur bergambar keluarga salah satunya. Diperlihatkan bagaimana kehangatan hubungan keluarga tetap terjaga meski di tengah perbedaan pilihan politik.

"Berawal dari keluarga mari kita jaga kota ini. Seperti tidak menyebarkan hoaks dan antipolitik uang," ujar Juru Bicara Kagege, Imelda Yuniati, Rabu, 5 Agustus kemarin di Kafe Ngopi Serius Purwosari, Laweyan, Solo. 

Karikatur lainnya mengilustrasikan beberapa warga yang saling berangkulan dengan wajah ceria. Dalam gamber dituliskan "Suara kita masa depan kita". Ada pula tulisan "Pilihan boleh beda, kita tetap suadara".

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pesan Moral

Menurut Imelda, karikatur-karikatur itu akan dipajang di depan rumah anggota Kagege sebagai pesan moral kepada masyarakat.

"Kami akan terus produksi karikatur-karikatur semacam ini dan publikasikan sebagai bentuk kampanye pilkada damai. Paling nggak nanti dipasang di depan rumah anggota Kagege. Mari kita jaga pilkada ini,” ajak dia.

Empat karikatur berisi ajakan menjaga Pilkada Solo tetap damai itu dipajang di Kafe Ngopi Serius dan mendapat perhatian para pengunjung. 

 

Simak berita Solopos.com lainnya di sini 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.