Sukses

Jokowi Harap Partisipasi Pemilih Pilkada 2020 Tetap Tinggi Meski di Tengah Pandemi Covid-19

Presiden Joko Widodo atau Jokowi berharap tingkat partisipasi masyarakat pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak 2020 tetap tinggi.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi berharap tingkat partisipasi masyarakat pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak 2020 tetap tinggi. Pasalnya, pesta demokrasi kali ini digelar di tengah situasi pandemi virus corona (Covid-19).

"Kita harapkan tingkat partisipasi pemilih tetap pada kondisi yang baik," ujar Jokowi saat memimpin rapat terbatas, Rabu (5/8/2020).

Menurut dia, pemerintah dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) harus bisa meyakinkan masyarakat bahwa penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020 aman dari penularan virus corona. Caranya dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat akan memberikan rasa aman," katanya.

Jokowi mengaku ingin Pilkada 2020 tetap berlangsung demokratis meski di tengah pandemi corona. Untuk itu, dia menekankan aspek keselamatan petugas, peserta, dan pemilih harus menjadi prioritas.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Protokol Kesehatan Jadi Prioritas

"Penerapan protokol kesehatan harus betul-betul menjadi sebuah kebiasaan baru dalam setiap tahapan di Pilkada," ucap Jokowi.

Seperti diketahui, Pilkada Serentak 2020 akan digelar di 270 wilayah di Indonesia meliputi, 9 Provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota. Pemungutan yata Pilkada 2020 mulanya akan digelar pada 23 September. Namun, hari pencoblosan diundur menjadi 9 Desember 2020 akibat Covid-19.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • pilkada