Sukses

Pilkada Solo, Cucu dari Pakubuwono ke-XII Siap Jadi Cawawali Achmad Purnomo

Bila dalam perkembangannya, Purnomo tidak mau maju sebagai cawali di Pilkada Solo, Putri mengaku bertekad tetap maju sebagai cawali/cawawali.

Jakarta - Cucu dari Pakubuwono (PB) XII, B.R.A. Putri Woelan Sari Dewi, mengaku siap jadi calon wakil wali kota jika Wakil Kota Solo Achmad Purnomo mau maju sebagai calon wali kota. 

"Jika nanti Pak Pur berkenan saya siap di posisi AD 2," kata Putri, Senin 3 Agustus 2020. 

Bila dalam perkembangannya, Purnomo tidak mau maju sebagai cawali di Pilkada Solo, dia mengaku bertekad tetap maju sebagai cawali/cawawali.

Ihwal kendaraan politik yang akan dipakai cucu dari Pakubuwono ke-XII ini menghadapi Pilkada Solo, Putri Woelan menyatakan sedang menyiapkan koalisi politik.

Namun, dia tidak merinci koalisi seperti apa yang dimaksud. Terkait manuvernya menggalang dukungan dari sejumlah pihak, Putri mengaku ingin memberikan warna dalam pesta demokrasi lima tahunan di Solo.

Hal ini diungkap Putri saat bertemu Purnomo di kediaman pribadinya di Jalan Bhayangkara Laweyan, pada Juli 2020. Sebelum orang nomor dua di Kota Bengawan itu divonis positif Covid-19.

Dia menilai, sosok Purnomo sebagai figur sentral dalam Pilkada Solo 2020.

"Saya sowan Pak Pur karena situasi politik di Solo menjelang Pilkada tidak bisa lepas dari peran beliau. Jadi saya silaturahmi dengan Pak Pur," tutur dia, Senin (3/8/2020).

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Silaturahmi ke Figur-Figur Sentral Solo

Putri mengakui pertemuannya dengan Purnomo ketika itu membahas dinamika politik Solo menjelang Pilkada.

Komunikasi dan silaturahmi harus dilakukan, terlepas dari apakah Purnomo mau meramaikan bursa cawali Solo atau tidak.

Silaturahmi juga dilakukan Putri Woelan dengan figur-figur sentral Solo lainnya.

"Terlepas apakah Pak Pur kersa [mau] maju atau tidak, secara attitude, saya harus tetap menjalin komunikasi dan menggalang dukungan dari semua pihak," urainya. 

 

Simak berita Solopos.com lainnya di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.