Sukses

Irman Yasin Limpo Siapkan Market Place Gratis untuk UMKM

Liputan6.com, Jakarta - Bakal Calon Wali Kota Makassar, Irman Yasin Limpo tengah menyiapkan market place secara gratis untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Dia menilai market place ini ternyata mengandung sharing profit lumayan memberatkan pelaku UMKM terutama di tengah pandemi ini.

Karenanya, guna menggairahkan kembali UMKM, dirinya telah menghadirkan program KataNone. Ini merupakan program podcast yang menghadirkan banyak UMKM. Mulai dari usaha kuliner, fashion, pertanian, hingga olahan produk perikanan. Bahkan, beberapa diantaranya mendapatkan bantuan modal usaha dari donatur yang menyaksikan podcast KataNone.

"Selama program KataNone, saya banyak berbicara dengan para pelaku UMKM dan saya mengambil kesimpulan bahwa salah satu yang harus didorong dengan massif adalah penggunaan digital transaksi dan digital promosi bagi pelaku UMKM, termasuk kerjasama penggunaan market place yang ternyata profit share-nya lumayan memberatkan pelaku UMKM, khususnya di masa pandemi ini," kata Irman dalam keterangannya, Senin (27/7/2020).

Dia menilai, dengan sharing profit yang terasa berat bagi UMKM, tentu ini berpengaruh terhadap kemampuan UMKM membiayai pekerjanya. "Padahal karyawan UMKM paling dua sampai lima orang," jelas Irman.

 

2 dari 3 halaman

Ringankan Beban UMKM

Karena itu, dia berharap mampu meringankan beban biaya produksi UMKM, sekaligus peluang kerja bagi mereka yang punya potensi untuk berbisnis, dalam satu program. Soal market place tersebut, dirinya menyebutkan akan segera diumumkan.

"Tunggu tanggal mainnya," ujar dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: