Sukses

Pilkada Gunungkidul: Wahyu Mundur dari Pencalonan, Nasdem Bakal Usung Sunaryanto?

Liputan6.com, Jakarta Wahyu Purwanto secara resmi berpamitan untuk tidak melanjutkan pencalonan dalam Pilkada Gunungkidul. Pengunduran diri itu disampaikan di hadapan relawan dan pengurus DPC Partai Nasdem.

Pada kesempatan itu, hadir pula Mayor Sunaryanto. Sontak, kehadirannya memancing perhatian, mengingat namanya sudah diajukan partai politik (parpol) lain sebagai kandidat peserta Pilkada Gunungkidul 2020.

Ketua DPW Partai Nasdem DIY Subardi mengatakan Sunaryanto hadir sebagai undangan. Pihaknya belum tentu mengusung Sunaryanto. Sebab, proses keseluruhannya tergantung pada komunikasi politik dan konsolidasi internal partai.

"Yang jelas, dalam penjaringan dan seleksi Pilkada Gunungkidul beliau memang daftar ke kami," ungkap Subardi.

Sebelumnya, Sunaryanto menempati peringkat kedua dari ke-10 orang yang mengikuti seleksi bakal calon bupati dari Partai Nasdem.

"Saya tetap menyerahkan semua keputusan pada pilihan dan survei internal partai, dan menunggu keputusan DPP Partai Nasdem," kata Subardi.

Dia pun membuka sinyal pada kedua parpol yang sudah lebih dahulu mendeklarasikan Sunaryanto sebagai calonnya di Pilkada 2020. Pihaknya tinggal menunggu keputusan dari DPP Partai Nasdem, walaupun belum pasti kapan akan diturunkan.

"Tidak ada nilai tawar politik tertentu, jika semua parpol mau berkoalisipun tidak masalah. Kalau sepakat ya lanjut," ujar Subardi.

 

2 dari 3 halaman

Kata Sunaryanto

Sunaryanto mengaku hanya diundang dalam kegiatan DPC Partai Nasdem Gunungkidul. Saat disinggung wartawan soal usulan rekomendasi partai Nasdem tersebut, ia mengatakan siap menerima apapun hasilnya.

"Saya menyatakan siap, jika sudah resmi ditetapkan baru saya mengundurkan diri dari kedinasan," tegas Sunaryanto.

Sunaryanto masih anggota TNI aktif berpangkat mayor dan pernah berkarir di Kemenhan RI. Saat ini dia sudah mendapat dukungan dari dua parpol yaitu Golkar dan PKB. 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: