Sukses

Usai Umumkan Paslon Pilkada, PDIP Akan Gelar Sekolah Calon Pemimpin Daerah

Menurut dia, sekolah partai adalah tradisi PDIP bagi para calon pemimpin daerah.

Liputan6.com, Jakarta PDI Perjuangan sudah merampungkan rekomendasi dukungan untuk daerah basis di Pilkada serentak Desember 2020 mendatang. Adapun, pengumuman gelombang kedua tersebut akan dilakukan Jumat 17 Juli besok.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, selain pengumuman secara daring, pihaknya juga melakukan tahapan-tahapan, sesudah menentukan para calonnya.

"Selain pengumuman dilakukan secara daring, PDI Perjuangan juga akan menyelenggarakan sekolah Partai melalui teleconference," kata Hasto, Kamis (16/7/2020).

Menurut dia, sekolah partai adalah tradisi PDIP bagi para calon pemimpin daerah. Nantinya sekolah partai akan dibuka langsung oleh Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

"Dan menghadirkan pengajar di tingkat nasional dari DPP Partai, Ketua DPR RI, Para Menteri, dan Para Kepala Daerah dengan prestasi yang membanggakan, juga pengajar khusus berkaitan dengan strategi, komunikasi politik dan lain lain. PDI Perjuangan tercatat sebagai Partai dengan tingkat keberhasilan tertinggi dibandingkan Partai lain," ungkap Hasto.

Dia menuturkan, Pilkada ke depan akan semakin memantapkan konsolidasi partai, khususnya mekanisme kelembagaan partai di dalam menyiapkan pemimpin yang sistemik.

"Sebab keberhasilan Pilkada sangat ditentukan oleh berapa banyak kader Partai yang terpilih. Meskipun demikian, Pilkada ini adalah pemilunya rakyat. Manakala tidak ada kader dengan kemampuan elektoral memadai, PDI Perjuangan juga membuka diri dari kalangan profesional, wiraswasta, tokoh masyarakat, dan lainnya," jelas Hasto.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dukung Jokowi-Ma'ruf

Dia pun menyadari, Pilkada ini dilakukan di tengah pandemi Covid-19. Karena itu, PDIP seluruh Tiga Pilar Partai, struktur Partai, eksekutif Partai, dan legislatif Partai diinstruksikan untuk bekerjasama dan mendukung sepenuhnya kebijakan Presiden Jokowi-KH Ma’ruf Amin.

"Demikian halnya seluruh pasangan calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah, wajib mengedepankan semangat kemanusiaan dan kerakyatan dalam seluruh tahapan pilkada, guna membantu rakyat yang terkena dampak akibat Covid-19 tersebut," tukasnya.

Menurut dia, tanggung jawab tiga pilar Partai dan seluruh paslon kepala daerah tersebut akan ditegaskan kembali pada saat pengumuman pasangan calon Jumat esok.

"PDI Perjuangan terus menegaskan komitmennya di dalam menyiapkan paslon terbaik," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.