Sukses

Bawaslu: Ada 712 Dugaan Pelanggaran Tahapan Pilkada

Bawaslu menyebutkan sampai saat ini tercatat sebanyak 712 dugaan pelanggaran pada tahapan pelaksanaan pilkada 2020 yang telah ditangani di tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menyebutkan sampai saat ini tercatat sebanyak 712 dugaan pelanggaran pada tahapan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) 2020 yang telah ditangani di tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

"Ada 670 temuan dan 142 laporan, totalnya jadi 712 dugaan pelanggaran yang ditangani Bawaslu," kata anggota Bawaslu RI Ratna Dewi Pettalolo di Jakarta dilansir Antara, Selasa (14/7/2020).

Hal tersebut disampaikannya saat konferensi pers "Persiapan Bawaslu dalam Pengawasan Coklit Data Pemilih Pilkada Tahun 2020" yang disiarkan secara daring dari Kantor Bawaslu RI, Jakarta.

Ratna menjelaskan klasifikasi dugaan pelanggaran meliputi pelanggaran administrasi sebanyak 168 kasus, pelanggaran kode etik sebanyak 35 kasus, tindak pidana pemilihan 12 kasus dan 427 kasus pelanggaran lainnya.

Dari 168 kasus pelanggaran administrasi, kata dia, paling banyak terjadi pada saat tahapan seleksi penyelenggara ad hoc, yakni panitia penyelenggara tidak profesional, hingga tidak memenuhi syarat (TMS).

"Ada 29 calon PPS (panitia pemungutan suara) yang tidak memenuhi syarat karena terlibat partai politik, 27 calon PPK (panitia pemilihan kecamatan) terlibat parpol," ujar Dewi.

Ada juga, kata dia, 20 calon PPS yang menjabat dua periode, kemudian 18 calon PPK menjabat periode. Padahal sesuai aturan tidak diperbolehkan.

Untuk pelanggaran yang berkaitan dengan netralitas aparatur sipil negara (ASN), lanjut dia, terbanyak adalah memberikan dukungan melalui media sosial.

"Makanya, kami akan fokuskan pengawasan di medsos," kata komisioner yang membidangi divisi penindakan tersebut.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengawasan Melekat

Sementara itu, Ketua Bawaslu RI Abhan Misbah menjelaskan pihaknya melaksanakan pengawasan melekat terhadap proses verifikasi faktual bakal calon perseorangan pada Pilkada Serentak 2020.

Verifikasi faktual bakal calon perseorangan, kata dia, merupakan tahapan untuk memastikan keterpenuhan syarat calon gubernur atau wakil gubernur, bupati atau wakil bupati, dan wali kota atau wakil wali kota pada Pilkada Serentak 2020.

Pelaksanaan verifikasi faktual dilakukan selama 14 hari mulai 24 Juni-12 Juli 2020 oleh KPU. Bawaslu dalam tahapan tersebut mengawasi dan memastikan syarat calon dan prosedur verifikasi, termasuk protokol kesehatan yang telah dijalankan oleh KPU.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.