Sukses

Perkuat Pengawasan Pilkada Kepri 2020, Bawaslu Libatkan Mahasiswa UMRAH

Liputan6.com, Jakarta Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kepulauan Riau melibatkan mahasiswa Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Kota Tanjungpinang untuk memperkuat pengawasan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak 2020.

"Mahasiswa UMRAH diharapkan berpartisipasi melakukan pengawasan pilkada di sekitar pemukimannya. Mahasiswa juga dapat mendorong pemilih untuk menggunakan hak suaranya," kata Komisioner Bawaslu Kepri Indrawan, di Tanjungpinang dilansir Antara, Minggu, 14 Juni 2020 kemarin. 

Rencana penguatan pengawasan partisipatif pada penyelenggaraan tahapan pilkada kali ini telah dibicarakan dengan Rektor UMRAH Agung Dhamar Syakti dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik dan riset terkait persoalan kepemiluan.

"Rektor UMRAH menyambut baik upaya Bawaslu Kepri dalam meningkatkan pengawasan partisipatif. Pembicaraan kami akan dilanjutkan ke dalam perjanjian kerja sama," katanya.

Dia pun menilai dosen dan mahasiswa UMRAH cukup aktif mendukung pelaksanaan pemilu dan pilkada sesuai ketentuan yang berlaku, dan berlangsung sukses.

 

2 dari 3 halaman

Kampus Lain di Kepri Akan Ikut Dilibatkan

Sejumlah pelaksanaan pemilu dan pilkada, Bawaslu Kepri serta Bawaslu kabupaten dan kota di wilayah itu kerap melibatkan dosen dan mahasiswa dalam kegiatan sosialisasi.

"Kami berharap juga partisipasi dosen dan mahasiswa pada kesempatan pelaksanaan tahapan pilkada di masa pandemi Covid-19," katanya.

Dia juga mengemukakan Bawaslu Kepri akan melibatkan mahasiswa dari kampus lainnya untuk meningkatkan partisipasi pengawasan.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: