Sukses

Polres Babel Bentuk Satgas Nusantara untuk Pantau Medsos Selama Pilkada

Liputan6.com, Jakarta - Memantau aktivitas media sosial yang kemungkinan banyak dimanfaatkan dalam pelaksanaan Pilkada 2020, Kepolisian Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membentuk Satuan Tugas (Satgas) Nusantara. 

"Pembentukan Satgas Nusantara ini nantinya akan melakukan pemantauan berbagai aktivitas di media sosial selama pelaksanaan Pilkada 2020," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Muhammad Adenan di Mentok, Rabu, 11 Maret 2020, dilansir Antara. 

Menurut dia, saat ini teknologi berkembang cepat dan masyarakat semakin mudah mendapatkan berbagai bentuk informasi melalui media sosial. 

Pola pemanfaatan media sosial (medsos), lanjut Adenan, kemungkinan akan dilakukan para kontestan, tim pemenangan maupun simpatisan guna menarik simpati ataupun menyerang kontestan lain.

"Pola seperti itu saat menjelang pilkada, biasanya akan ada banyak muncul akun media sosial yang tidak jelas identitas pemiliknya," kata Kapolres Bangka Barat ini. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kawal Pelaksanaan Pilkada

Adenan mengatakan pada umumnya akun ini dipakai untuk membangun narasi negatif, menyerang dan menjatuhkan lawan.

"Aktivitas akun palsu dan tidak jelas pemiliknya tersebut menjadi perhatian kami, tim akan terus memantau aktivitasnya," jelas dia. 

Selain menyiapkan tim Satgas Nusantara, Polres Bangka Barat juga telah menyiapkan sejumlah personel yang akan mengawal pelaksanaan Pilkada 2020.

Untuk pengawasan perkembangan dan manajemen sosial disiapkan personel intelijen dan untuk memantau perkembangan informasi pemberitaan disiapkan tim dari humas.

"Mereka nantinya akan melakukan pemantauan langsung ke masyarakat dan perkembangan pemberitaan dari media massa," kata Adenan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.