Sukses

Kader Muda PAN dan PKS Dukung Gibran di Pilkada Solo 2020

Jakarta Kader muda Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebagian mendukung Gibran Rakabumung Raka di Pilkada Solo 2020.

"Desk Pilkada DPD PAN Solo sudah bergerak, sudah pendekatan ke tokoh-tokoh yang muncul, termasuk ke Gibran. Kami ada pendekatan ke sana. Artinya PAN masih sangat cair, terbuka untuk semua kemungkinan," ungkap Sekretaris DPW PAN Jawa Tengah (Jateng) Umar Hasyim di Warung Makan Pecel Madiun di Kerten, Laweyan, Solo, Rabu, 11 Maret 2020. 

Sementara, Ketua DPD PAN Solo, Achmad Sapari menyatakan pihaknya akan mendukung pencalonan Achmad Purnomo oleh PDIP.

Menurut Umar sah-sah saja setiap kader PAN untuk melakukan pendekatan (komunikasi) politik dengan parpol atau figur-figur yang muncul. Sebab pada akhirnya nanti sikap partai akan ditentukan melalui rapat pengurus DPD Solo.

"Untuk menentukan sikap PAN apakah mau bergabung dengan PDIP atau membangun koalisi gabungan parpol, itu nanti diputuskan dalam rapat DPD Solo. Sebelum ada rapat itu, komunikasi kami jalin dengan semua," imbuh dia.

Umar pun menyarankan agar saat rapat DPD PAN Solo untuk menentukan sikap dalam Pilkada 2020 juga melibatkan unsur DPD PAN Jateng. Tujuannya agar setiap keputusan yang diambil tidak mengalami masalah dalam penerapannya.

"Selain rapat pengurus harian menentukan sikap politik, PAN mempunyai mekanisme rapat pleno yang diperluas untuk menentukan figur-figur yang akan diusung sebagai cawali-cawawali Solo. Rapat dipimpin DPW Jateng," kata dia.

 

2 dari 3 halaman

Sikap Kader

Disinggung adanya pernyataan selama ini yang menyebutkan PAN Solo mendukung sosok Achmad Purnomo sebagai cawali Solo dari PDIP, Umar menegaskan hal itu baru sikap kader secara pribadi, belum sikap resmi PAN Solo.

"Secara institusional partai, PAN belum menentukan sikap politik dan menentuka figur yang akan diusung atau didukung. Sikap politik yang sudah disuarakan sebelumnya sebatas pandangan pribadi kader PAN Solo," sambung dia.

Kondisi serupa dialami PKS Solo. Kendati secara resmi DPD PKS Solo sudah menetapkan tiga kader sebagai figur potensial cawali/cawawali berdasarkan mekanisme penjaringan, tapi Kaukus Muda PKS Solo terus merapat dukung Gibran di Pilkada 2020.

Ditunjukkan pada Selasa malam, 10 Maret kemarin, Koordinator Kaukus Muda PKS Solo, Didik Hermawan menghadiri kegiatan Ngopi Bareng Gibran Rakabuming di Haluan Kopi di Kompleks Beteng Trade Center (BTC) Pasar Kliwon.

 

Simak berita Solopos.com lainnya di sini.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Amankan Pilkada Gresik, Bawaslu Gandeng Polres dan Kejaksaan
Artikel Selanjutnya
Kunjungi Kabupaten Solok, Mulyadi Janji Cari Solusi Keluhan Warga