Sukses

Polrestabes Surabaya Ajak Warga Jaga Pilkada 2020

Polrestabes Surabaya mengajak berbagai elemen masyarakat untuk “Jogo Suroboyo sehingga Pilkada 2020 di wilayah kota setempat berlangsung damai.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya mengapresiasi deklarasi Pilkada Surabaya Damai yang digagas Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Surabaya.

Polrestabes Surabaya mengajak berbagai elemen masyarakat untuk “Jogo Suroboyo sehingga Pilkada 2020 di wilayah kota setempat berlangsung damai. Ketua KPU Surabaya Nur Syamsi menuturkan, apa yang menjadi gagasan bersama bisa menjadi gayung bersambut.

"Pemilihan umum tujuan akhirnya adalah untuk menyejahterahkan kehidupan rakyat. Kalau kemudian dampaknya distruktif, itu tidak menjadi tujuan. Sangat luar biasa inisiasi dari Kapolrestabes Surabaya, ini pintu awal menegakkan demokrasi," tutur dia, seperti dikutip dari Antara, ditulis Rabu (11/3/2020).

Sementara itu, Kepala Polrestabes Surabaya Kombes, Sandi Nugroho mengajak komponen masyarakat untuk sama-sama menjaga dan mengelola dengan baik sehingga Pilkada Surabaya berjalan lancar.

Surabaya, lanjut dia, harus menjadi jadi "role model" Pilkada damai di Indonesia. "Sehatnya demokrasi di Surabaya dilihat dari guyubnya warga. Saya mengapresiasi semua lini masyarakat yang hari ini berkomitmen menjaga Kota Surabaya," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bawaslu Surabaya Juga Bakal Gelar Deklarasi

Tidak hanya elemen masyarakat yang menghadiri Deklarasi Pilkada Surabaya Damai tersebut, melainkan juga dari unsur pemerintahan, seperti Pemerintah Kota, Kejaksaan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Surabaya.

"Tanpa bantuan dari semua pihak, Pilkada Surabaya damai tidak bisa terlaksana dengan sebaik-baiknya," ujar dia.

Komisioner Bawaslu Surabaya Usman menyatakan dalam waktu dekat juga akan menggelar deklarasi serupa.  "Ini menjadi bagian dari tahapan penyelenggaraan Pilkada. Dalam waktu dekat kami akan menyelenggarakan deklarasi Pilkada Surabaya damai, yang diikuti sosialisasi di tingkat kelurahan," tutur dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.