Sukses

Machfud Ajak Warga Batak Surabaya Pilih Pemimpin Pemersatu

Liputan6.com, Jakarta - Bakal calon wali kota Surabaya Machfud Arifin menghadiri "Pesta Bona Taon" warga BatakĀ  di Surabaya. Mereka menyambut Cak Machfud dengan meriah. Machfud Arifin dikalungi kain ulos.

Mantan Ketua TKD (Tim Kampanye Daerah) Jokowi-Ma'ruf tersebut langsung berbaur bersama warga Batak yang hadir. Machfud pun ikut menari bersama warga yang hadir.

Machfud mengajak warga untuk bersama-sama membangun Kota Surabaya. Mantan Kapolda Jatim itu mengajak perkumpulan tersebut agar dapat memilih pemimpin daerah yang mampu menjaga dan menjembatani keragaman budaya.

Sebab, menurutnya, Surabaya merupakan kota yang memiliki multi etnis. Sehingga diperlukan Wali Kota Surabaya yang mampu menjadi pengayom semua warga yang beragam.

"Sebagai kota metropolitan yang punya keragaman suku, etnis, dan agama, maka menjadi tanggung jawab bersama untuk memilih pemimpin dengan visi dan misi yang lebih maju untuk mempertahankan kultur-kultur yang ada di Surabaya," terang Machfud.

Machfud juga mengajak warga untuk turut berpartisipasi dalam Pilwali 2020. Dengn cara tersebut, menurutnya warga Surabaya akan mendapatkan pemimpin yang sesuai yang diinginkan.

Terlebih, sambung Machfud, harus dipilihnya pemimpin yang memiliki komitmen menjaga keharmonisan antar budaya, mengingat pemerintahan Surabaya sempat dijalankan oleh figur di luar etnis Jawa.

"Bahkan, Wali Kota Surabaya pertama dipimpin orang Batak asli. Karena itu, kota ini harus mempertahankan nuansa kerukunan multikultural," pungkasnya.

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading