Sukses

Calon Independen di Pilkada Solo Ini Serahkan Alquran ke KPU, Apa Maknanya?

Jakarta Didampingi ratusan pendukungnya, pasangan calon wali dan calon wakil wali (cawali-cawawali) Kota di Pilkada Solo dari jalur independen, Muhammad Ali Naharussurur-Achmad Abu Jazid (Alam), mendatangi Kantor KPU Solo, Jumat siang, 21 Februari 2020. 

Pantauan Solopos.com, pasangan Alam tiba di Kantor KPU Solo sekitar pukul 13.50 WIB. Mereka disambut Ketua KPU Solo Nurul Sutarti dan Komisioner KPU Suryo Baruno.

Dalam seremonial penyambutan itu pasangan Alam menyerahkan Alquran kepada Suryo Baruno. Abah Ali, sapaan akrab Muhammad Ali, berharap Alquran itu dapat membawa keselamatan dunia dan akhirat bagi warga Solo.

"Kita bawa Solo ini, penduduknya, warganya, menuju ridha Allah SWT," ujar dia.

Ali mengatakan pemberian Alquran itu bukan sesuatu yang bersifat simbolik melainkan benar-benar pemberian maknawi dan hakiki.

Menurut dia, kedatangannya ke KPU untuk menunjukkan keseriusan ikut andil dalam kontestasi Pilkada 2020 yang akan digelar para 23 September mendatang. 

Kepada awak media, Ali mengaku pihaknya sudah menemuhi jumlah minimal syarat dukungan sebagai calon independen Pilkada Solo.

Bahkan menurut tim Alam, jumlah dukungan yang dihimpun telah mencapai 40.000 fotokopi KTP. yang dikumpulkan tidak sampai satu bulan.

"Yang jelas sudah melebihi batas minimal. Dukungan kelihatannya majemuk, dari kalangan pesantren tentu ada. Ada juga banyak barisan sakit hati yang masuk. Kami kumpulkan dukungan dalam 24 hari hingga 25 hari," imbuh dia.

Ihwal pemberian Alquran kepada komisioner KPU Solo, menurut Ali, sebagai pesan agar rajin mengaji. Dia berharap kelak bisa mengaji bersama komisioner KPU Solo.

"Biar rajin ngaji saja. Karena saya juga belum bisa ngaji," ucap Muhammad Ali. 

2 dari 3 halaman

Bukan untuk Serahkan Berkas Syarat Dukungan

Sementara itu, Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti, mengatakan kedatangan pasangan Alam dan tim ke Kantor KPU Solo bukan untuk menyerahkan berkas syarat dukungan. Mereka baru mengunggah secara online dukungan ke Sistem Informasi Pencalonan (Silon).

"Baru meng-online-kan, meskipun dukungan sudah lebih dari 35.870 orang. Yang terpantau 37.000 lebih. Rencananya hari Minggu, 23 Februari besok menyerahkan berkas. Jadi kedatangan Alam untuk konsultasi dan memberikan support ke kami," urai Nurul.

Sedangkan untuk pasangan Bajo, menurut Nurul, sudah lebih dulu meng-online-kan syarat dukungan di Silon dan men-submit dukungan mereka.

"Masih proses penyusunan dan penghitungan. Belum ada berita acara penerimaan," jelasnya. 

 

Simak berita Solopos.com lainnya di sini.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading