Sukses

Daftar Bakal Calon yang Diusung PDIP, Hasto: Kami Jadi Pelopor di Pilkada 2020

Menurut Hasto, partai berlambang banteng bermoncong putih itu kembali menjadi pelopor dalam Pilkada kali ini. Karena baru PDIP yang baru mengumumkan para jagoannya.

Liputan6.com, Jakarta Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau[ PDIP](pilkada "") mengumumkan bakal pasangan calon (paslon) kepala dan wakil kepala daerah tahap pertama yang langsung disaksikan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Dengan seizin ibu Ketua Umum, maka rapat Dewan Pimpinan Pusat Partai dengan agenda tinggal pengumuman pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah, dengan mencabut skor rapat sebelumnya, dinyatakan terbuka untuk umum," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di kantor DPP Jakarta, Rabu (19/2/2020).

Dia sempat menyinggung soal banyaknya tanaman di lantai 5 DPP PDIP, tempat bakal paslon diumumkan. Menurut Hasto hal ini senafas dengan tema Rakernas I dan tema pengumuman kali ini.

"Hari ini suasana nampak berbeda. Bagaimana kita ketahui bersama, senafas dengan tema Rakernas I, PDIP menaruh perhatian yang besar terhadap lingkungan hidup. Maka di ruangan nampak juga semangat yang ditunjukkan oleh PDI Perjuangan. Khususnya yang berulang tahun Ibu Megawati Soekarnoputri, kami persembahkan gerakan mencintai bumi, mencintai lingkungan kita. Maka tema itu pula yang diangkat," jelas Hasto.

Menurut Hasto, partai berlambang banteng bermoncong putih itu kembali menjadi pelopor dalam Pilkada kali ini. Karena baru PDIP yang baru mengumumkan para jagoannya.

"Hari ini PDI Perjuangan kembali mempelopori dalam Pilkada serentak yang kita jadikan momentum penguatan lembaga partai di dalam menyiapkan pemimpin. Maka dalam gelombang pertama ini akan diumumkan calon kepala daerah yang sebagian besar berasal dari PDI Perjuangan. Kebanyakan incumbent," jelasnya. 

"Sehingga PDI Perjuangan sesuai keyakinan yang ditanamkan oleh Ibu Megawati Soekarnoputri untuk berjuang dari garis ideologi partai, maka sebagai partai pengusung utama Pak Jokowi dan KH Ma'ruf Amin, kita juga harus menyatukan dan memberikan dukungan sepenuhnya," lanjut dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

20 Daftar Bakal Calon yang Diusung PDIP

Selanjutnya, Hasto mulai mengumumkan nama-nama kandidat yang mendapat rekomendasi dari PDIP. Dari Sulawesi Utara adalah Olly Dodokambey dan Steven Kandaouw.

"Kami mohon izin untuk mengumumkan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah. Kita ada sembilan provinsi sebagai komitmen partai politik berfungsi untuk melakukan kaderisasi pimpinan. Maka calon Gubernur yang diumumkan pada gelombang pertama adalah dari Sulawesi Utara Bapak Olly Dodokambey, didampingi Steven Kandaouw. Semuanya kompak," ungkap Hasto.

Kemudian sisanya nama-nama tersebut dibacakan oleh Ketua DPP PDIP Bidang Pemenangan Pemilu Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul.

Berikut daftar bakal calon kepala dan wakil kepala daerah yang diusung PDIP:

1). Sulawesi Tenggara, Kabupaten Buton Utara - Abu Hasan dan Suhuzu

2). Sulawesi Tengah, Kabupayen Banggai - Herwin Yatim dan Mustar Labolo

3). Papua Barat, Kabupaten Manokwari - Demas Paulus Mandacan dan Edy Budoyo, Pengunungan Arfak - Yosias Saroy dan Marinus Mandacan, Kaimana - Rita Terupun dan Leonardo Syakema, sedangkan Sorong Selatan - Samsudin Anggiluli dan Alfons Sesa

4). Maluku Utara, Tidore Kepulauan - Ali Ibrahim dan Muhammad Sinen

5). Papua Asmat - Elisa Kambu dan Thomas Eppe Safafanfo

6). Maluku Barat Daya - Benyamin Thoma Noach dan Agustinus Lekwardai Kilikily. Sementara, Seram Bagian Timur - Fachri Husni Alkatiry dan Arobi Kelian

7). Sulawesi Selatan, Bulukumba - Tommy Satria Yulianto dan Makkasau. Kepulauan Selayar - Muh Basli Ali dan Saiful Arif. 

8). Kalimantan Timur Paser - Fahmi Fadli dan Sulaiman Eva Merukh. Sementara, Kota Bontang - Adi Darma dan Basri Rase. Balikpapan ada Rahmad Mas’ud dan Thohari Aziz. Sedangkan Kutai Barat ada F.X. Yapan dan Edyanto Arkan

9). Kalimantan Selatan Tanah Bumbu - Syafruddin H Maming dan Andi Rudi Latif. Kota Banjarbaru - Aditya Mufti Arifin dan Ahmad Rifani Iwansyah. Sedangkan Kota Baru - Zairullah Azhar dan Zulkipli

10). Kalimantan Barat Sekadau ada Rupinus dan Aloysius

11). Sumatera Selatan, Musi Rawas Utara - Devi Suhartoni dan Innayatullah

12). Lampung Kota Metro - Anna Morinda dan Fritz Akhmad Nuzir

13). Sumatera Utara, Samosir - Rapidin Simbolon dan Juang Sinaga, Kota Gunungsitoli - Lakhomizaro Zebua dan Sowa’a Laoli Humbang Hasundutan-Dosmar Banjarnahor dan Yanto Sihotang. Sedangkan Nias Selatan - Hilarius Duha dan Firman Giawa

14). Banten Serang - Ratu Tatu Chasanah dan Pandji Tirtayasa. Sementara, Pandeglang ada Irna Narulita dan Tanto W Arban

15). Yogyakarta, Bantul - Abdul Halim Muslih dan Joko B Purnomo

16). Jatim, Ngawi - Ony Anwar dan Dwi Rianto Jatmiko. Sementara, Malang ada HM Sanusi dan Didik Gatot Subroto. Sedangkan Sumenep ada Achmad Fauzi dan Dewi Khalifah

17). Jawa Tengah, Klaten - Sri Mulyani dan Aris Prabowo. Grobogan - Sri Sumarni dan Bambang Pujiyanto. Demak - Esti’anah dan Joko Sutanto. Boyolali ada Mohammad Said Hidayat dan Wahyu Irawan.

Selanjutnya Wonogiri ada Joko Sutopo dan Sriyono. Sragen ada Kusnidar Untung Yuni Sukowati dan Suroto. Berikutnya Pemalang ada Agus Sukoco dan Eko Priyono. Sementara, Semarang ada pasangan Ngesti Nugraha dan Basari.

Kota Semarang - Hendrar Prihadi dan Hevearita Gunaryanti Rahayu. Kebumen - Arif Sugianto dan Rista. Blora - Arief Rohman dan Tri Yuli Setyowati. Purbalingga - Dyah Hayuning Pratiwi dan Sudono

18). Sulawesi Utara, Olly Dodokambey dan Steven Kandouw

19). NTB, Kota Mataram - Putu Selly Andayani dan Abdul Manan. Sementara, Sumbawa Barat - Musyafirin dan Fud Syaifuddin

20). Jawa Barat, Cianjur - Herman Suherman dan Tb Mulyana Syahrudin. Sedangkan Tasikmalaya ada Ade Sugianto dan Cecep Nurul Yakin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini