Sukses

Pilkada Solo, Gibran: Jangan Remehkan Lawan tapi Tetap Optimistis

Jakarta Gibran Rakabuming Raka mengaku tidak mau meremehkan siapa pun lawannya dalam pertarungan Pilkada Solo 2020 bila kelak mendapatkan rekomendasi dari DPP PDIP sebagai calon wali kota (cawali).

Dia optimistis bakal memenangi pertarungan dengan target yang sudah disampaikan kepada DPP DPIP.

"Ya kita jangan meremehkan lawan dong. Kita kan belum tahu hitung-hitungan elektabilitas lawan seperti apa, terutama lawan dari independen. Kita tidak boleh meremehkan musuh. Tapi saya tetap optimistis," ungkap Gibran di sela blusukan di Joho, Manahan, Solo, Rabu, 12 Februari 2020. 

Ihwal target kemenangan pada Pilkada 2020, Gibran mengaku sudah menyampaikannya kepada Puan Maharani, Hasto Kristiyanto, dan Bambang Wuryanto, serta petinggi DPP PDIP yang mengujinya saat fit and proper test di Jakarta, Senin, 10 Februari lalu. 

"Belum bisa saya share sekarang. Entar saja lah. Yang penting harus optimistis, rutinitas sehari-hari [blusukan kampung] terus dilakukan. Ketemu warga, berdialog dengan warga dan menyerap masukan-masukan," ujar putra sulung Presiden Joko Widodo atau Jokowi ini. 

2 dari 3 halaman

Gibran Berpotensi Melawan Pasangan dari Jalur Independen

Terkait kemungkinan PDIP merangkul partai-partai politik (parpol) lain, Gibran masih enggan berbicara. Menurutnya hal itu akan dibahas setelah rekomendasi turun.

"Yang jelas sudah ada dukungan beberapa parpol," ucap Gibran. 

Bila rekomendasi PDIP jatuh kepada Gibran, maka dia berpotensi melawan pasangan calon dari jalur perseorangan. Hal itu karena parpol selain PDIP sangat sulit membentuk koalisi gabungan lantaran hanya menyisakan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

 

Ikuti berita Solopos lainnya di sini

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Ma'ruf Amin: Jangan Ada Money Politics dalam Pilkada Serentak 2020
Artikel Selanjutnya
Bawaslu Rilis Indeks Kerawanan Pilkada 2020, Manokwari Berpotensi Sangat Tinggi Konflik