Sukses

12 Paslon di Pilkada Sulsel Tempuh Jalur Independen

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 12 pasangan calon di enam daerah di Provinsi Sulawesi Selatan memilih menempuh jalur perseorangan untuk maju menghadapi Pilkada Serentak 23 September 2020.

"Untuk Kota Makassar data sementara yang sudah mengambil silon (sistem informasi pencalonan) ada lima paslon, dari perseorangan," sebut Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar Farid Wadji, seperti dikutip dari Antara, Kamis (13/2/2020).

Beberapa diantaranya, kata dia, sudah menyerahkan surat mandat persyaratan diwakikan tim Leasion Officer (LO) atau penghubungnya untuk mendapatkan user silon sebagai salah satu syarat untuk mendaftar nantinya.

Untuk tahapan selanjutnya, kata dia, bagi paslon yang memastikan diri sebagai peserta harus membawa berkas surat formulir dukungan yang disertai tanda tangan fotokopi KTP elektronik minimal 72.570 surat dukungan.

Selain itu, sebaran dukungan KTP elektronik minimal 50 persen dari 15 kecamatan yang ada di Makassar yang disetorkan hingga batas akhir 23 Februari 2020.

Secara terpisah, paslon bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar Muh Ramdhan Pomanto-Maqbul Halim melalui tim LO-nya Rizal, mengatakan pihaknya siap mengumpulkan KTP elektronik sebagai bentuk dukungan masyarakat. Kendati belum ada sinyal dukungan dari partai politik.

Sedangkan bacalon perseorangan Wali Kota Makassar, Andi Munawwar Sahrir menyatakan telah siap secara tim maupun syarat dukungan KTP untuk bertarung dengan paslon lainnya.

Ia menyebut, untuk dukungan hampir terpenuhi dengan sebaran 15 kecamatan. Dia mengklaim sudah memegang 58.000 dukungan KTP dari jumlah yang ditentukan KPU Makassar. Pihaknya akan memaksimalkan waktu dan akan mengumpulkan maksimal sebanyak 80.000 dukungan KTP.

"Kita akan siapkan 100 ribu KTP, tapi tidak bisa dimasukkan semua nanti over, kita bermain cantik juga bagaimana syarat itu bisa terpenuhi," tuturnya.

Hingga saat ini, dari 12 kabupaten/kota di Sulsel yang melaksanakan pilkada serentak, baru enam daerah dengan jumlah 12 paslon sudah mengambil silon di KPU setempat. Seperti Kota Makassar, Kabupaten Kepulauan Selayar, Gowa, Maros, Barru dan Tana Toraja.

2 dari 3 halaman

Paling Banyak Makassar

Kota Makassar paling banyak paslon yang menempuh jalur perseorangan yakni, Moh Ramdhan Pomanto-Maqbul Halim, Andi Munawar Syahrir-Andi Nur Wajidah, Jabal Nur-Muhammad Rivaldi, Iriyanto Andi Baso Ence-M Alihaq Mappaturung, dan Muhammad Ismak-Muhammad Faisal Silenang.

Selanjutnya, di Kabupaten Kepulauan Selayar ada tiga paslon masing-masing, Zainuddin-Aji Sumarno, Muh Basli Ali-Saiful Arif, dan Prof Akbar Silo-Daeng Marowa.

Kabupaten Gowa satu paslon, Adnan Purictha Ichsan Yasin Limpo-Abdul Rauf Malaganni Karaeng Kio. Kabupaten Maros, satu Paslon yaitu, Muhammad Nur Mahmud-Muhammad Ilyas Cika.

Untuk Tana Toraja, satu paslon, Nicodemus Biringkanae-Victor Datuan Batara. Sementara Kabupaten Barru, satu paslon Andi Rachmat-Asriani Parawansa.

3 dari 3 halaman

Saksikan video di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
8 Bakal Calon Kepala Daerah dari PDIP di Pilkada Jateng
Artikel Selanjutnya
Selain Rekomendasi, Bakal Calon Kepala Daerah Akan Terima Ini Dari Megawati