Sukses

Sebelum Tes, 3 Calon Pilkada Solo Makan Siang Lauk Pecel dan Sambal Terasi

Liputan6.com, Jakarta - Ketiga bakal peserta Pilkada Solo 2020, yaitu Achmad Purnomo, Teguh Prakosa, dan Gibran Rakabuming Raka mengikuti fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan di kantor DPP PDIP, Jakarta.

Ketiganya makan siang terlebih dahulu sebelum mengikuti uji kelayakan secara tertiutup. Mereka juga lengkap mengenakan baju partai berwarna merah.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, fit and proper test untuk bakal calon di Pilkada Solo 2020 berlangsung tertutup. 

"Saat ini Mas Gibran, Pak Pur, dan juga Pak Teguh sedang menikmati makan siang. Kami siapkan sambal terasi khusus khas PDI Perjuangan, bersama dengan pecel. Pokoknya menunjukkan komitmen PDIP, bahwa terhadap para tamu pun kami menjamu dengan makanan khas Indonesia," kata Hasto di kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin (10/2/2020).

Dia menuturkan, ujian kali ini adalah sesuai arahan dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Karena, Kota Solo penting dan strategis.

"Karena proses kepemimpinan Pak Jokowi juga berasal dari Solo. Dan di situ merupakan die hard-nya banteng di Jawa Tengah dan Indonesia. sehingga hal ini dilakukan dengan sebaik-baiknya sesuai juga dengan mekanisme partai," jelas Hasto.

Menurut dia, PDIP akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan Pilkada 2020 hanya untuk daerah Solo pada hari ini. Karena beberapa wilayah sudah dilakukan.

"Ya (hanya Solo). Yang lain kan sudah dilakukan. Nanti tinggal beberapa daerah seperti Surabaya, Banyuwangi, Kota Medan, dan Kota Tangerang Selatan," pungkas Hasto.

2 dari 3 halaman

Tidak Akan Pilih Kasih

Dewan Pengurus Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menggelar fit and proper test terhadap calon kandidat yang akan maju di Pilkada Solo 2020. Uji kelayakan dan kepatutan itu akan digelar Senin (10/2/2020) siang di DPP PDIP Jakarta.

"Iya benar (ada fit and proper test). Jam 13.00 WIB," ucap Ketua DPP PDIP Bidang Pemenangan Pemilu Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul saat dikonfirmasi, Senin (10/2/2020).

Dia menuturkan, tak ada yang spesial dalam ujian hari ini. Menurut dia, banyak calon pemimpin daerah yang juga dipanggil ke DPP.

Pria yang duduk sebagai Ketua DPD PDIP Jawa Tengah ini menuturkan, partainya berjanji memperlakukan semua kandidat dengan adil. Tidak ada yang dibeda-bedakan.

"Bukan hanya Solo yang dipanggil fit and proper di DPP. Banyak wilayah lain. Tak ada yang spesial. Proses equal treatment," pungkas Bambang soal seleksi terkait Pilkada Solo 2020.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Survei Indo Barometer: PDIP Berpeluang Juara Pileg 2024
Artikel Selanjutnya
Pilkada Musi Rawas Utara, PDIP Dukung Pasangan Devi Suhartoni-Innayatullah