Sukses

Megawati Segera Umumkan Calon Kepala Daerah di Pilkada 2020

PDIP menyerahkan sepenuhnya keputusan calon kepala daerah yang akan diusung dalam Pilkada 2020 kepada Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menyerahkan sepenuhnya keputusan calon kepala daerah yang akan diusung dalam Pilkada 2020 kepada Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. Hal ini juga berlaku bagi putra dan menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Bobby Nasution di Medan dan Gibran Rakabuming Raka di Solo.

"Kami akan putuskan dalam waktu dekat tapi itu adalah kewenangan dari Ibu Ketua Umum," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto dalam keterangan, Sabtu (8/2/2020).

Hasto mengatakan, anggota partai hanya bertugas memberikan informasi dan peta politik di lapangan. Nantinya, hasilnya ini wajib diikuti oleh para anggota PDIP dan mendukungnya.

"Tetapi demokrasi yang dibangun PDI Perjuangan, keputusan diambil DPP, maka seluruh kader partai, anggota, wajib untuk menaati itu. Itu demokrasi yang dipimpin oleh ideologi," ujarnya.

Kata Hasto, ada sejumlah nama calon wali kota Medan yang mencuat dari internal dan eksternal. Internal yakni Akhyar Nasution yang saat ini menjabat pelaksana tugas Wali Kota Medan, dan Bobby Nasution.

"Tentu saja partai bersikap obyektif. Partai mendengarkan suara rakyat," ujar Hasto.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Beri Komitmen

Lebih lanjut Hasto menyampaikan, PDIP akan mencari pemimpin yang betul-betul memberikan komitmen dan mendorong kota itu agar mampu mengalahkan kemajuan kota besar lain di Indonesia.

"Selain itu, nanti setiap calon akan kami didik serta disiapkan melalui sekolah partai," pungkasnya.

Reporter: Ronald

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.