Sukses

Gerindra Akan Usung Wagub Nasrul Abit di Pilgub Sumbar

Liputan6.com, Jakarta - Gerindra bakal mengusung Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit di Pilkada Sumbar. Nasrul Abit merupakan mantan Ketua DPD Gerindra Sumbar. Hal itu juga menepis kabar jika Gerindra telah merestui Andre Rosiade untuk maju.

"Kita di sana ada calon lain yang mau kita majukan. Yang mau kita majukan Insyaallah mantan ketua DPD. Wakil gubernur sekarang, Nasrul Abit," kata Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani di DPP Gerindra, Jalan Harsono RM 54, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (6/2/2020).

Nasrul merupakan Wakil Gubernur Sumatera Barat periode 2016-2021 yang dilantik pada 12 Februari 2016. Sebelumnya, ia menjabat Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat periode 2005-2015 dan Wakil Bupati Pesisir Selatan 2000-2005. Pada Pilgub Sumbar 2015, ia terpilih menjadi Wakil Gubernur Sumatera Barat berpasangan dengan Gubernur Irwan Prayitno.

Saat pencalonannya sebagai wakil gubernur pada 2015, ia awalnya ditolak oleh pengurus Partai Gerindra di tingkat kabupaten/kota se-Sumbar.

2 dari 3 halaman

Pernah Tak Diusulkan DPD

Dalam proses penjaringan nama bakal calon gubernur dan wakil gubernur oleh panitia seleksi, nama Nasrul Abit tidak pernah diusulkan oleh pengurus di daerah, tetapi direkomendasikan Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

Pada 8 September 2015, Ketua Panitia Seleksi Gerindra Zulkifli Jailani melayangkan gugatan perdata ke Pengadilan Negeri Padang. Kasus ini selesai setelah Wakil Ketua DPD Gerindra Sumbar Desrio Putra meminta Zulkifli menyelesaikan persoalan tersebut dengan baik atau terancam dipecat.

Reporter: Ronald

Sumber: Merdeka

3 dari 3 halaman

Saksikan video di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Sekjen Gerindra: Kader Berharap Prabowo Nyapres Lagi
Artikel Selanjutnya
Ma'ruf Amin: Bawaslu Harus Mampu Jaga Kredibilitas dan Kepercayaan Publik