Sukses

KPU Minta KPUD Berinovasi untuk Tingkatkan Jumlah Pemilih

Tingkat partisipasi pemilih Indonesia mulai naik sejak Pilkada 2018 dibanding pada pemilu sebelumnya. Kenaikan partisipasi pemilih ini semakin terlihat pada Pemilu 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi meminta KPU provinsi dan kabupaten/kota di seluruh Indonesia untuk membuat terobosan kreatif dan inovatif dalam meningkatkan partisipasi pemilih pada Pilkada 2020.

"Tentu kita berharap ke depan tingkat partisipasi pemilih semakin meningkat. Oleh karena itu, teman-teman KPU provinsi maupun kabupaten dan kota di seluruh Indonesia harus memiliki langkah kreatif dan inovatif dalam melakukan sosialisasi. Salah satu contohnya KPU Metro yang meluncurkan mobil cerdas demokrasi," kata Pramono usai meresmikan mobil cerdas demokrasi KPU Metro, di Metro, Lampung, Senin (7/1/2020).

Menurut dia, tingkat partisipasi pemilih Indonesia mulai naik sejak Pilkada 2018 dibanding pada pemilu sebelumnya. Kenaikan partisipasi pemilih ini semakin terlihat pada Pemilu 2019.

"Tentu ke depan kita berharap partisipasi pemilih semakin meningkat dan yang mempunyai tugas itu adalah teman-teman KPU daerah," ucapnya seperti dikutip dari Antara.

Pihaknya mengapresiasi terobosan KPU Kota Metro dengan meluncurkan mobil cerdas demokrasi untuk melakukan sosialisasi hingga menjangkau semua lapisan masyarakat.

"Apa yang dilakukan teman-teman KPU Metro dengan meluncurkan mobil cerdas demokrasi ini merupakan langkah yang baik. Mudah-mudahan teman-teman KPU lainnya mencontoh ini, melakukan upaya yang tidak memakan biaya besar tetapi memberikan dampak yang signifikan," katanya.

Pramono melanjutkan, pada tahun 2020 ini ada delapan kabupaten/kota di Provinsi Lampung akan melaksanakan pilkada.

Ia berpesan agar KPU di delapan kabupaten/kota tersebut bekerja secara profesional dan independen.

"Ada delapan kabupaten/kota di Lampung yang akan melaksanakan pilkada pada 2020 ini. Tentunya saya berharap agar bekerja secara profesional, jujur, dan adil serta tidak memihak kepada salah satu calon," katanya.

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mobil Cerdas Demokrasi

Ketua KPU Kota Metro Nurris Septa Pratama mengatakan bahwa mobil cerdas demokrasi merupakan salah satu upaya dari KPU Kota Metro untuk meningkatkan partisipasi pemilih di Bumi Sai Wawai.

"Mobil ini merupakan bagian dari upaya kita. Tentu kita ingin pemilu ini terasa di segala aspek. Ke depan kita akan gandeng komunitas, nanti ada KPU 'goes to campus', sosialisasi di pengajian, pasar supaya partisipasi pemilih semakin naik, dan media juga berperan sangat penting di sini," katanya.

Pihaknya meminta dukungan dari semua stakeholder di Kota Metro untuk menciptakan pemilu yang aman, damai, dan tenteram dan tentunya menghadirkan pemimpin Kota Metro yang benar-benar pilihan dari masyarakat

Ia menambahkan bahwa pada pilkada tahun 2015, tingkat partisipasi pemilih di Kota Metro sebanyak 70 persen. Oleh karena itu pada Pilkada 2020, KPU akan berupaya untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

"Untuk saat ini memang belum kita hitung ya berapa target kita. Kalau tahun 2015 lalu itu 70 persen, sedangkan pada pileg dan pilpres 2019 mencapai 87 persen. Tentu kita berharap untuk bisa meningkat lagi," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.