Sukses

4 Penentu Kemenangan Sementara Ridwan Kamil-Uu di Pilkada 2018

Liputan6.com, Jakarta - Jawa Barat punya pemimpin baru. Dari hasil hitung cepat berbagai lembaga survei yang mengikuti perolehan suara-suara masing-masing paslon di Pilkada Serentak 2018, menempatkan Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum berada di posisi teratas dibandingkan tiga pesaingnya.

Dari hasil hitung lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Ridwan-Uu memperoleh 32,26 persen disusul pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu dengan 29,58. Diurutan ketiga, ada pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi mendapatkan 25,38 persen.

Pada urutan empat ada TB Hasanuddin dan Anton Charliyan dengan perolehan 12,77 persen.

Faktor-fakotr apa saja yang membuat pasangan Ridwan Kamil-Uu mampu merebut hati masyarakat di Kota Pasundan?

2 dari 5 halaman

1. Mengenal Karakter Pemilih

Menurut Ketua Pusat Studi Politik dan Keamanan (PSPK) Universiras Padjadjaran, Bandung, Muradi, faktor ini dimiliki oleh Ridwan Kamil-Uu.

Dalam mendekati pemilih, kata Muradi, Emil-Uu cukup serius. Pasangan yang diusung PPP, NasDem dan PKB serta Hanura ini menawarkan visi, misi serta program-program kreatif kepada pemilih.

3 dari 5 halaman

2. Cerita Sukses Emil

Pencapaian kinerja pria yang akrab disapa Emil itu dalam membangun Bandung lewat ide-ide kreatifnya mampu menjadi magnet bagi warga yang memilihnya di Pilkada Serentak 2018.

"Saya kira yang lebih serius, lebih bisa mendekatkan pemilih. Misalnya merasa dipimpin oleh Emil karena dia kreatif punya visi dan sebagainya. Dianggap ingin juga di merasakan ingin dibangun seperti di Bandung," kata Muradi saat berbincang dengan merdeka.com, Rabu,27 Juni 2018.

4 dari 5 halaman

3. Usia

Muradi menambahkan, faktor usia keduanya juga menjadi salah satu penentu kemenangan di Pilkada Jabar.

Usia keduanya yang lebih muda dibanding 3 pesaingnya, dikemas dengan gagasan dan ide kreatif sukses menarik suara generasi milenial di Jabar.

5 dari 5 halaman

4. Media Sosial

Pemanfaatan media sosial sebagai ajang untuk berkampanye tidak asing lagi di kalangan para pejabat.

Lewat dunia maya, Ridwan Kamil-Uu mampu menggapai para pemilih muda dengah visi-visinya yang bisa lebih diterima para kaum milenal.

 

Reporter: Raynaldo Ghiffari Lubabah

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan selengkapnya di bawah ini: 

Loading
Artikel Selanjutnya
Arinal Menang Pilkada Lampung Versi Quick Count Sesuai Prediksi Survei
Artikel Selanjutnya
PKKSG-UMJ Apresiasi Sikap Netral Polri di Pilkada Serentak 2018