Sukses

Ini Sebab PDIP Selalu Unggul di Pilkada Jateng

Menurut SMRC, siapa pun pasangan calon yang diusung PDIP di Jawa Tengah, berpeluang besar unggul dalam pemilu.

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan calon Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Taj Yasin Maimoen unggul signifikan dari pasangan Sudirman Said-Ida Fauziah dalam hasil hitung cepat Pilkada Jateng yang dilakukan lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC).

Dari hasil hitung cepat SMRC terkait Pilkada Jateng, Ganjar-Yasin unggul dengan perolehan suara 59,36 persen, sementara Sudirman-Ida memperoleh 40,64 persen.

Menurut Pendiri SMRC Saiful Mujani, unggulnya Ganjar-Yasin tak lepas dari kedekatan pemilih dengan partai politik di Jawa Tengah, terutama PDI Perjuangan.

"Pemilih atau masyarakat Jateng ini cukup ideologis. Artinya dia punya kedekatan dengan parpol tertentu," kata Saiful di SCTV Tower, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (27/6/2018).

Ia menambahkan, siapa pun pasangan calon yang diusung oleh PDIP di Jawa Tengah, berpeluang besar unggul dalam pemilu. Seperti diketahui, Jawa Tengah merupakan basis massa PDIP.

"Siapa pun yang dicalonkan oleh PDIP, itu yang akan dipilih," ucap Saiful.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Pengaruh Isu Korupsi

Di sisi lain, Saiful berpendapat, isu dugaan korupsi pengadaan proyek KTP elektronik yang sempat dialamatkan kepada Ganjar ternyata tidak memengaruhi pemilih.

Alhasil, kata dia, Ganjar tetap unggul pada hasil hitung cepat Pilkada Jateng.

"Meskipun ada isu-isu korupsi, tapi kan belum bisa dibuktikan," tandas Saiful.

 

Saksikan tayangan video menarik berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.