Sukses

Quick Count Pilkada Jatim Indikator dan LSI Denny JA: Khofifah-Emil Dardak Menang

Liputan6.com, Jakarta - de Berbagai lembaga survei menggelar hitung cepat atau quick count Pilkada Jatim 2018. Dari perhitungan Lembaga Survei Indikator, pasangan cagub-cawagub Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak menang setelah data masuk 100 persen.

Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak mendapat 53,63% suara, sedangkan Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno meraih 46,37% suara.

"Selisih suara cukup signifikan, maka kami berkesimpulan yang memenangkan Pilkada Jatim berdasar quick count pasangan nomor urut 1 Khofifah-Emil," kata peneliti Indikator, Riska Halida di kawasan Menteng, Rabu (27/6/2018).

Perhitungan itu dengan margin of error 1,36% dengan sampel 300 TPS. Khofifah unggul di beberapa wilayah Jatim di antaranya Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Trenggalek, Sampang. Gus Ipul unggul di Malang, Batu, Banyuwangi, Magetan.

Menurut Riska, debat cagub Jatim memilki peran penting bagi pemilih untuk menentukan siapa yang akan mereka pilih. "Debat memegang suara penting untuk suara Khofifah, saat debat Khofifah menguasai masalah dan menunjukkan kelemahan Gus Ipul," kata dia.

Hasil quick count Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA juga menunjukkan calon gubernur Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistyanto Dardak juga menang dalam Pilkada Jatim 2018. Dalam hasil hitung cepat, pasangan yang diusung oleh Demokrat, Partai Golkar, Nasdem, PPP, dan Hanura ini meraih suara 54,29 persen.

Sementara, pesaingnya pasangan calon Gubernur Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno memperoleh suara sebesar 45,71 persen.

Hasil ini berdasarkan data seluruh pemilih atau 100 persen pada pukul 17.07. Tingkat partisipasi pemilih berada di angka 65,51 persen. Data ini memiliki margin of error 1 persen.

Reporter: Ahda Baihaqi

Sumber: Merdeka.com

 

 

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di Liputan6.com.

2 dari 2 halaman

Unggul di TPS Tempatnya Mencoblos

Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur nomor urut satu, Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elistianto Dardak, unggul di Tempat Pemungutan Suara (TPS) No 16, di mana Khofifah dan empat anaknya menyalurkan hak suaranya.

Dari 631 DPT di TPS 16 Jemur Wonosari, Kecamatan Wonocolo, jumlah partisipan atau masyarakat yang menyalurkan hak pilihnya sebanyak 479 pemilih.

"Sesuai prediksi kita, di sini biasa masuk 76 persen," ujar Rodhi, salah satu anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 16, Rabu (27/6/2018).

Hasil penghitungan tersebut adalah, sebanyak 631 DPT, dengan jumlah partisipan sebanyak 479 pemilih. Dengan total kemenangan untuk suara Khofifah-Emil sebanyak 413, sedangkan Gus Ipul-Puti sebanyak 56 suara.

"Dan suara tidak sah sebanyak 10 orang," kata Ketua KPPS TPS 16, Mabrur.

Sementara itu, Khofifah masih enggan memberikan komentar terkait keunggulannya berdasarkan hasil penghitungan suara sementara. Dia menunggu Emil Elistianto Dardak dari Trenggalek.

Loading
Artikel Selanjutnya
Diplomasi Kuliner ala Khofifah Indar Parawansa Saat Membahas Papua
Artikel Selanjutnya
4 Langkah Gubernur Khofifah Meredam Dampak Kerusuhan Manokwari