Sukses

Ridwan Kamil: Sampai Jumpa di Gedung Sate

Ridwan Kamil mengatakan, slogan juara adalah semangat. Kalau diucapkan pelan kurang, tapi kalau diteriakkan jadi penyemangat..

Liputan6.com, Jakarta - Keunggulan sementara hasil hitung cepat atau quick count di sejumlah lembaga survei yang diraih Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum di Pilkada Jawa Barat disambut gegap gempita ratusan pendukungnya di Pusat Penghitungan Suara pasangan Rindu di Hotel Papandayan, Bandung, Rabu, 27 Juni 2018.

Pantauan Liputan6.com, ratusan pendukung pasangan Rindu kompak mengenakan baju hijau bertuliskan "Rindu Jabar Juara".

Cagub Jabar Ridwan Kamil memberikan pidato pertamanya di hadapan para pengusung dan pendukung dirinya. Mendadak sontak, semua hadirin berteriak sambil mengepalkan tangan

"Jabar Juara. Rindu Menang!"

Kemudian Ridwan Kamil menjelaskan mengapa mengambil slogan juara tersebut.

"Slogan juara adalah semangat. Kalau diucapkan pelan kurang, tapi kalau diteriakkan jadi penyemangat," kata Emil, sapaan Ridwan Kamil, di Bandung, Rabu (27/6/2018).

Di akhir pidatonya, Emil berharap semua pendukung tetap tenang dan bersabar menunggu keptutusan resmi KPU.

"Sampai jumpa di tempat yang namanya Gedung Sate," ujarnya.

 

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Merayakan Berlebihan

Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPRD Jawa Barat, Oleh Soleh, menilai hasil hitung cepat sementara itu memang sudah sesuai dengan perkiraan partai jika melihat hasil survei berbagai lembaga.

"Mudah-mudahan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul, Insyaallah menang," kata Oleh di Bandung, Rabu (27/6/2018).

Oleh menuturkan, ada beberapa faktor yang membuat pasangan yang diusung Partai Nasdem, PPP, PKB dan Hanura itu.

Pertama, kata dia, dengan masuknya konsolidasi kampanye dari setiap relawan, terutama dari partai pengusung dan juga beberapa tokoh yang ikut mempromosikan Ridwan Kamil layak jadi gubernur. Kedua, lanjut dia, adanya pergeseran perilaku dari masyarakat Jabar.

Meski unggul dalam hitung cepat, Oleh mengimbau para pendukung tidak berlebihan dalam menggelar perayaan.

"Saya mengajak seluruh elemen masyarakat, seluruh partai pengusung, mari kita terima takdir Allah SWT di mana Allah telah memberikan pemimpin yang baru, Insyaallah Kang Emil. Mari kita bergandeng tangan bantu Kang Emil untuk memajukan Jabar lebih baik," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, hasil hitung cepat atau quick count lembaga survei Charta Politika pada pukul 15.20 WIB mencapai 63% dengan rincian sebagai berikut:

Nomor Urut 1 Ridwan Kamil-UU Ruzhanul Ulum 33,62%, nomor urut 2 TB Hasanuddin-Anton Charliyan 11,79%, nomor urut 3 Sudrajat-Ahmad Syaiku 30,15%, dan nomor urut 4 Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi 24,22%

Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) pada pukul 14.55 WIB, dengan suara masuk 60 persen sebagai berikut:

Pasangan nomor urut 1 Ridwan Kamil - UU Ruzhanul Ulum: 32,11 persen

Pasangan nomor urut 2 Tubagus Hasanuddin - Anton Charliyan : 12,65 persen

Pasangan nomor urut 3 Sudrajat - Ahmad Syaikhu: 29,55 persen

Pasangan nomor urut 4 Deddy Mizwar- Dedi Mulyadi: 25,69 persen

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.