Sukses

TNI/Polri Doa Bersama Jelang Pilkada Serentak

Berdoa, menjadi salah satu senjata paling ampuh, mencegah terjadinya permusuhan antarmasyarakat yang berbeda pilihan dalam pilkada.

Liputan6.com, Jakarta Pengamanan Pilkada 2018, tak selalu mengenai pengerahan personil kepolisian, TNI, Satpol PP dan sebagainya.

Berdoa, menjadi salah satu senjata paling ampuh, mencegah terjadinya permusuhan antarmasyarakat yang berbeda pilihan.

Seperti yang dilakukan oleh masyarakat bersama Polres Serang dan Dandim 0602 Serang.

Sabtu pagi, 23 Juni 2018, KPU, Panwaslu, Polri, TNI dan masyarakat, berkumpul di Masjid Mapolresta Serang.

"Kita bermohon kepada Allah agar mendapat kelancaran dalam menjalankan tugas pengananan yang harus kita jaga dengan jiwa raga. Ini merupakan pesta demokrasi yang harus dijaga bersama," kata AKBP Komarudin, Kapolresta Serang, Sabtu (23/06/2018).

Bhabinkamtibmas dan Babinsa pun diminta untuk semakin dekat dengan rakyat. Menyerap aspirasi dan keluhan masyarakat, lalu menyelesaikannya dengan baik. Menurut Komardin, hal itu merupakan salah satu cara untuk mencegah gangguan keamanan selama proses pilkada berlangsung.

Setidaknya, 600 personil kepolisian bersama 400 anggota TNI dan 1.936 personil Linmas, siap menjaga pesta demokrasi di ibu kota Provinsi Banten, pada 27 Juni 2018 mendatang.

"Insya Allah kita sudah siap mengamankan Pilkada. Tidak ada daerah khusus (rawan konflik)," terangnya.

TNI, salah satu bagian penjaga keutuhan NKRI, siap membantu pihak kepolisian, jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

"Semua unsur bergerak dan saling berkerjasama mudah-mudahan jerih payah kita akan menjadi ladang ibadah dan ladang amal bagi kita semua," kata Letkol Czi. Hari Praptomo, Dandim 0602 Serang, dilokasi yang sama, Sabtu (23/06/2018).

Pihak Panwaslu Kota Serang mengaku telah siap menjaga kondusifitas perhelatan pilkada, sesuai aturan yang berlaku.

Seperti mencegah terjadinya politik uang dan tindakan curang lainnya di Ibu Kota Provinsi Banten.

"Kita membuat tujuh saber anti politik uang yang terdiri dari kepolisian, kejaksaan dan panwas. Itu juga akan disebar di tiap kecamatan," kata Rudy Hartono, Ketua Panwaslu Kota Serang.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.