Sukses

SMRC: Khofifah-Emil Unggul Tipis dari Gus Ipul-Puti di Pilkada Jatim

Liputan6.com, Jakarta - Survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukan pasangan calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak unggul tipis atas pesaingnya Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno. Elektabilitas pasangan Mantan Menteri Sosial itu mencapai 48,5 persen.

Khofifah hanya terpaut tipis atas calon petahana Gus Ipul-Puti Soekarno. Mereka mendapatkan elektabilitas sebesar 40,8 persen. Namun, masih ada masyarakat yang belum menentukan pilihan sebesar 10,7 persen.

"Pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistyanto Dardak mendapat dukungan 48,5 persen, sementara unggul atas Saifullah Yusuf (Gus Ipul)–Puti Guntur Soekarno yang mendapat dukungan 40,8 persen," kata Direktur Program SMRC Sirojudin Abbas ketika rilis survei di kantornya, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (22/6/2018).

Dari segi popularitas Khofifah pun lebih unggul daripada Gus Ipul. Tingkat keterkenalan dan kesukaan Khofifah mencapai 90 persen. Sedangkan Gus Ipul keterkenalan mencapai 87 persen, dan kesukaan 85 persen.

"Di antara yang tahu, yang suka pada Khofifah Indar Parawansa 90 persen, lebih tinggi dibanding likeability Saifullah Yusuf (Gus Ipul) 85 persen," kata Sirajuddin.

 

1 dari 2 halaman

29 Persen Pemilih Lemah

Dari segi pemilih yang akan mengubah pilihannya, ada 29 persen pemilih lemah. Sementara untuk yang tidak mengubah, 42 persen menyatakan kecil kemungkinan berubah dan 27 sangat kecil atau tidak mungkin.

"Masih ada sekitar 29 persen pemilih yang sudah mendukung calon tetapi masih besar kemungkinan merubah pilihan," kata Sirajuddin.

SMRC melakukan survei di Jawa Timur pada rentang waktu 21 Mei-29 Mei 2018. Pada survei diambil 820 orang responden dengan metode multistage random sampling. Survei memiliki margin of error sebesar kurang lebih 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Artikel Selanjutnya
Tolak Kenaikan SPP, Gus Ipul-Puti Janji Gratiskan Pendidikan
Artikel Selanjutnya
Survei SMRC: Pasangan Rindu Teratas, Hasanah Terendah