Sukses

Survei Indo Barometer: Ganjar-Yasin 67,3 Persen, Sudirman-Ida 21,1 Persen

Pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin didukung oleh partai yang kuat sekelas PDIP.

Liputan6.com, Jakarta - Survei dari Indo Barometer menyatakan, pasangan cagub-cawagub Pilkada Jateng Ganjar Pranowo dan Taj Yasin mengungguli pasangan Sudirman Said dan Ida Fauziyah. Hasil tersebut didapatkan dari perhitungan pada 7 hingga 13 Juni 2018.

Dari hasil survei tersebut pasangan Ganjar Pranowo dan Taj Yasin unggul dengan 67,3 persen. Sedangkan pasangan Sudirman Said-Ida Fauziah mendapatkan 21,1 persen.

Menurut Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari, Sudirman Said tengah menghadapi lawan yang sangat kuat. Sebab pasangan Ganjar Pranowo- Taj Yasin didukung oleh partai yang kuat sekelas PDIP.

"Sudirman Said ini berhadapan dengan partai yang kuat dan sosok yang populer," kata Qodari di Hotel Harris, Mall FX Sudirman, Jakarta Selatan, Rabu (20/6/2018).

Qodari menjelaskan, PDIP memiliki pendukung yang sangat besar di Jawa Tengah. Hal itu kata dia, terlihat dari hasil Pilkada 2013 bahwa pasangan Ganjar-Heru bisa menang nyaris di seluruh kawasan Jawa Tengah.

"Peta kemenangan sangat dinamis, Ganjar - Heru merah (di peta kemenangan Pilkada 2013) semua saya melihat ini persaingan yang sangat ketat," kata dia. "Jateng memang kandang Banteng," ucap Qodari.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Metode Survei

Survei ini dilakukan melalui simulasi surat suara di seluruh wilayah Jawa Tengah. Margin of error atau tingkat kesalahan survei sebesar kurang lebih 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Metode penarikan sampel multistage random sampling.

Jumlah sampel pada survei ini sebanyak 1.200 responden. Populasi survei adalah warga negara Indonesia di Provinsi Jawa Tengah, dan sudah mempunyai hak pilih berdasarkan peraturan yang berlaku, yaitu warga yang minimal berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah pada saat survei dilakukan.

Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner.

 

Reporter: Sania Mashabi

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.