Sukses

Gus Ipul-Puti: Haul Bung Karno, Momen Memperkuat Sukarnois dan Nahdliyin

Tugas generasi sekarang, kata Gus Ipul, adalah menjaga NKRI tetap tegak dan mengayomi semua.

Liputan6.com, Blitar - Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf atau Gus Ipul mengatakan, Haul Bung Karno ke-48 di Kota Blitar menjadi momentum tepat untuk memperkuat semangat kebangsaan, terutama antara kaum Sukarnois dan nahdliyin. Haul menjadi bagian dari peringatan Juni Bulan Bung Karno.

"Haul ini menjadi ini momentum tepat untuk merefleksikan dan memperkuat lagi kedekatan para ulama NU dengan kaum Sukarnois dalam menjaga bangsa dan negara ini," Gus Ipul dalam keterangan tertulisnya, Rabu (20/6/2018

Cicit KH Bisri Syansuri yang merupakan salah seorang pendiri NU ini menjelaskan, sejarah banyak membuktikan peran penting para ulama NU, kaum nasionalis, dan elemen-elemen bangsa lain, dalam melahirkan dan menjaga NKRI.

"Kaum nasionalis dan nahdliyin konsisten menjaga negara ini dari gelombang jaman. Keduanya berperan penting dalam menetapkan Pancasila sebagai dasar negara, pada tahun 1945," kata Gus Ipul.

Tugas generasi sekarang, kata dia, adalah menjaga NKRI tetap tegak dan mengayomi semua. "Kaum nahdliyin dan nasionalis berada di depan dalam menjaga negara ini, bersama unsur-unsur kebangsaan lain di negeri ini," kata Gus Ipul.

Haul Bung Karno, pada sore sampai sore ini bakal dihadiri Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri yang mewakili keluarga Bung Karno, Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj, puluhan kiai NU, Cagub Gus Ipul dan Calon Wakil Gubernur Puti Guntur Soekarno yang juga cucu Bung Karno.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Persahabatan Bung Karno dan Ulama NU

Puti Guntur Soekarno mengatakan, di masa lalu, persahabatan kakeknya Bung Karno sangat dekat dan akrab dengan ulama-ulama NU, seperti KH Hasyim Asy’ari dan KH Abdul Wahab Hasbullah.

"Dalam banyak pengambilan keputusan, Bung Karno selalu meminta nasihat dari para ulama NU, terutama Kiai Hasyim Asy’ari dan Kiai Wahab Hasbullah," kata Puti.

Di Jawa Timur, sekarang Puti mendapat tugas dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk merajut Merah Putih, merawat kebangsaan di provinsi ini.

"Tugas kebangsaan ini, selalu berkaitan erat dengan kaum nahdliyin dan nasionalis, yang menjadi bagian besar di Jawa Timur," kata Puti.

Itu sebabnya, di setiap kunjungan ke daerah-daerah dalam sosialisasi Pilkada Jawa Timur 2018, Puti Guntur Soekarno berupaya menyempatkan diri untuk sowan pada ulama-ulama, termasuk ibu-ibu nyai.

Itu dilakukan Puti sambil membangun arus dukungan dari kaum nasionalis dan warga masyarakat umum. "Saya juga bertemu dengan berbagai pihak, dengan latar belakang yang beragam," kata Puti.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.