Sukses

Cara Djoss Sejahterakan Petani Sumut

Liputan6.com, Simalungun - Calon gubernur Sumatera Utara, Djarot Saiful Hidayat, menjamin keberpihakannya pada kesejahteraan petani. Dia menyampaikan hal itu saat berdialog dengan petani di Simalungun, Minggu (17/6/2018).

Djarot menyampaikan, Sumut adalah daerah potensial penghasil pangan. Bukan cuma beras, tetapi pertaniannya juga bisa menghasilkan sayur dan buah-buahan dalam jumlah besar.

"Sumut mampu, bisa jadi lumbung pangan, sayur dan buah. Ini potensi, sebagian besar warga sumut adalah petani, maka Djoss berpihak pada petani, kesejahteraan petani," kata Djarot.

Konsep yang disiapkan Djarot adalah menyiapkan lokasi penyimpanan hasil tani yang mempu menampung hingga 3-4 bulan tanpa mengurangi kualitasnya. Adapun luas lahan pertanian di Sumut saat ini mencapai 967.000 hektare.

Dengan lahan tani seluas itu, kata Djarot, Sumut juga bisa mengembangkan pertanian organik yang hasilnya diekspor ke luar negeri. Dia yakin cara ini bisa menghasilkan karena pasarnya terbuka di Malaysia dan Singapura.

"Kami hadir di sini supaya bisa melihat potensinya, bisa juga kita kembangkan pertanian organik sehingga bisa diekspor. Kita dekat dengan Malaysia dan Singapura," ujar cagub Sumut nomor urut dua tersebut.

Pembangunan tempat penampungan hasil tani itu, kata Djarot, sudah diterapkan di DKI Jakarta. Manfaatnya terasa untuk menampung hasil panen raya yang dibeli pemerintah dari petani.

Saat pemerintah membeli hasil panen raya, maka ada dua keuntungan yang dicapai. Pertama, stok pangan terjaga, dan kedua, harga beli serta harga jualnya bisa terjaga.

"Ketika panen raya, kita ambil, pemerintah yang beli. Supaya ada batas harga, supaya petani tidak rugi," ungkap Djarot.

"Bagaimana menstabilkan harga, supaya harga tidak jatuh, dan ketika kita perlu banyak barang kita ada, kita harus punya mesin penyimpanan," ucap mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

 

Saksikan tayangan video menarik berikut ini:

Artikel Selanjutnya
Programnya Terukur, Djarot-Sihar Dinilai Bisa Curi Perhatian Masyarakat
Artikel Selanjutnya
Ucapan Lebaran Djarot-Sihar Dinilai Bisa Redakan Ketegangan Pilkada Sumut