Sukses

Survei Poltracking: Midji-Norsan Unggul di Pilkada Kalbar 2018

Selain soal elektabilitas, temuan survei ini juga menjelaskan peforma debat kedua cagub-cawagub Kalbar pada 5 Mei 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Survei Poltracking Indonesia menyatakan elektabilitas pasangan Sutarmidji-Ria Norsan unggul telak dibanding pasangan Karolin Margret Natasa-Suryadman Gidot dan pasangan Milton Crosby-Boyman Harun di Pilkada Kalimantan Barat.

Terkait dengan elektabilitas, pasangan Sutarmidji-Ria Norsan meraih 53,5%, disusul pasangan Karolin Margret Natasa-Suryadman Gidot 32,3% dan pasangan Milton Crosby- Boyman Harun 5,4%.

Di sisi lain, ada sebanyak 8,8% responden yang tidak memberikan jawaban (undecided voters).

"Ada banyak variabel yang menyebabkan seorang kandidat beserta pasangannya dapat mengungguli pasangan yang lainnya. Kerja-kerja terstruktur, masif, dan sistematis yang dilakukan secara konsisten oleh pasangan kandidat, mesin relawan, partai, dan penampilan dalam debat publik menjadi faktor menentukan," ujar Peneliti Poltracking Indonesia Hendra Yasin.

Selain soal elektabilitas, temuan survei ini juga menjelaskan peforma debat kedua cagub-cawagub Kalbar pada tanggal 5 Mei 2018.

Pasangan Sutarmidji-Ria Norsan unggul dalam 3 (tiga) aspek mulai dari cara berkomunikasi (50%), penguasaan masalah (63,4%), dan program kerja (58,7%).

Diikuti pasangan Karolin Margret Natasa-Suryadman Gidot 31,5% untuk cara berkomunikasi, 20,4% terkait penguasaan masalah, dan 19,6% dalam konteks program kerja.

Sementara, pasangan Milton Crosby-Boyman Harun meraih 9,8% terkait cara berkomunikasi, 4,3% untuk penguasaan masalah, dan 8,7% dalam konteks programkerja.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Performa Saat Debat

Hendra juga menjelaskan, temuan survei ini mengungkap penampilan (performa) terbaik dalam debat kedua calon gubenur-wakil gubernur Kalimantan Barat, bahwa pasangan Sutarmidji-Ria Norsan unggul (60,2%), diikuti pasangan Karolin Margret Natasa-Suryadman Gidot (28%), dan Milton Crosby-Boyman Harun (7,5%).

Berdasarkan data elektabilitas dan performa debat pada survei ini, maka, pasangan Sutarmidji-Ria Norsan unggul dibanding dua pasangan lainnya yakni Karolin Margret Natasa-Suryadman Gidot dan Milton Crosby-Boyman Harun," ungkap Hendra.

Survei ini diselenggarakan pada tanggal 25-30 Mei 2018 dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling.

Jumlah sample dalam survei ini adalah 1.200 responden dengan margin of error (MoE) 2,89% pada tingkat kepercayaan 95%. Klaster survei ini menjangkau 12 kabupaten dan 2 kota di seluruh Provinsi Kalimantan Barat.

Reporter: Iqbal Fadil

Sumber: Merdeka.com 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini