Sukses

Kunjungi Sentra Batik Mojokerto, Puti Guntur Disambut Lagu Sedulur Kabeh Makmur

Liputan6.com, Mojokerto Calon Wakil Gubernur Jawa Timur, Puti Guntur Soekarno mendatangi Kampung Sentra Batik Khas Majapahit di Mojokerto. Kedatangan Puti Guntur Soekarno di lokasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) disambut ibu-ibu yang menyanyikan lagu kampanye Kabeh Sedulur Kabeh Makmur.

Di sini, Puti bukan hanya melihat proses pembuatan batik, tetapi juga mencoba untuk membatik.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Selasa (12/6/2018), cucu Bung Karno ini meminta agar motif batik yang dikembangkan di kawasan Mojokerto berbeda dari daerah-daerah lain. Salah satunya dengan mengembangkan batik motif lawas Majapahit yang kini banyak digemari oleh masyarakat.

"95 persen pekerja UMKM adalah perempuan hingga di dalam program kami salah satunya untuk memberdayakan perempuan-perempuan yang ada di Jawa Timur salah satunya sebagai perajin," ungkap Calon Wakil Gubernur Jawa Timur  Puti Guntur Soekarno.

Sementara itu, Cagub Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kembali blusukan di pasar tradisional. Kali ini Khofifiah mendatangi Pasar Tradisional Mangga Dua di Jalan Jagir Surabaya.

Khofifah mengaku prihatin dengan kondisi pasar tradisional yang sarana dan prasarananya jauh tertinggal dibanding pasar modern.

"Pasar tradisional tidak mendapat perhatian maksimal terutama pembenahan infrastrukturnya. Itu yang menjadi starting poin-nya bagaimana pembenahan harus dilakukan," ujar Khofifah.