Sukses

Pesan Pengrajin Gong Ponorogo pada Puti Guntur Soekarno

Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno disambut hangat oleh Gutanto, pengrajin usaha Pandhe Gong Candra Buana Laras, kader PDIP, dan masyarakat setempat.

Liputan6.com, Ponorogo - Kehadiran Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno ke sentra pengrajin gamelan di Jalan Pemuda 110 Paju, Ponorogo disambut hangat oleh Gutanto, pengrajin usaha Pandhe Gong Candra Buana Laras, kader PDIP, dan masyarakat setempat.

Bahkan, para Warok dan Tokoh Masyarakat setempat juga hadir menyambut hadirnya Puti Guntur Soekarno dan Emilia Henny di pusat kerajinan sepanjang jalan raya arah menuju Kabupaten Pacitan itu.

Pasangan Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf atau Gus Ipul ini pun melihat proses pembuatan gong atau gamelan serta menyerap masukan juga keluhan pengrajin alat kesenian dan budaya adiluhung asli Indonesia itu.

"Kami menitipkan kepada Mbak Puti ketika nanti menjadi Wakil Gubernur Jawa Timur agar memperhatikan para pengrajin pandhe gong ini. Kami minta agar budaya Reog Ponorogo ini tetap dilestarikan," ujar Gutanto.

Bukan hanya itu, Puti juga mendapat wejangan dari Tokoh Masyarakat dan para Warok agar menjadi pemimpin yang amanah dan tidak mengejar jabatan kesuksesan hingga mengorbankan kepentingan masyarakat.

"Kami meminta agar Mbak Puti jangan mengejar jabatan. Harus amanah, kami yakin Gus Ipul dan Puti Guntur Soekarno pemimpin yang amanah," ucap Tokoh masyarakat Ponorogo, Raden Mas Soehardo.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dapat Kenang-kenangan

Selain mendapat banyak wejangan dan dukungan, Puti juga mendapat kenang-kenangan berupa miniatur Reog dan Gong.

"Ini untuk oleh-oleh Mbak Puti. Kami mendoakan Mbak Puti menjabat Wakil Gubernur Jawa Timur," tandas Soehardo.

Sementara itu Puti mengaku bersyukur telah disambut dengan baik kunjung di pengrajin gamelan di Ponorogo.

Ia menyatakan komitmen bersama Gus Ipul untuk melestarikan dan mengangkat potensi kesenian dan budaya keraguan lokal di Jawa Timur.

"Potensi itu yang kemudian hari bisa kami kembangkan menjadi potensi wisata," tegas Puti.

 

Reporter : Nanang Ichwan

Sumber  : Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.