Sukses

Dapat Pelecehan Seksual, Via Vallen Dapat Dukungan Puti Guntur

Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno turut membela dan mendukung penyanyi dangdut Via Vallen.

Liputan6.com, Surabaya - Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno turut membela dan mendukung penyanyi dangdut Via Vallen. Seperti diketahui, belum lama ini Via Vallen mendapat pelecehan seksual di media sosial miliknya.

Puti menilai, pelecehan tersebut telah merendahkan harkat perempuan dan tak bisa ditoleransi. Pasangan Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf atau Gus Ipul ini lantas memuji sikap Via Vallen yang berani mengungkap pelecehan itu ke publik.

"Apa yang dilakukan Via Vallen menjadi contoh bahwa kaum perempuan punya harga diri. Perempuan bukanlah hanya sekadar konco wingking (di dapur saja) dan diam seribu bahasa ketika dilecehkan, baik melalui kata-kata atau tindakan yang tidak pantas," ujar Puti Guntur Soekarno.

Belakangan, media sosial diramaikan oleh unggahan Instagram Story di akun Via Vallen yang memaparkan pelecehan yang dialaminya dari seorang pesepakbola.

Pedangdut yang menyanyikan lagu kampanye Gus Ipul-Puti 'Kabeh Sedulur, Kabeh Makmur' itu mengunggah hasil capture pesan tak pantas yang dikirimkan pesepakbola tersebut ke Via Vallen melalui Instagram.

"Apa yang dilakukan pesepakbola itu juga sekaligus penghinaan ke pekerja seni perempuan. Dianggap pekerja seni seperti pedangdut layak dilecehkan, itu pemikiran dan sikap norak," ucapnya.

Puti pun memberi semangat kepada Via Vallen dan menyarankan untuk melapor ke polisi. Ia juga meminta kaum perempuan lainnya untuk bersuara jika menerima perlakuan tak pantas dan pelecehan dari orang lain, baik pelecehan fisik maupun verbal.

"Mari speak up, laporkan jika ada pelecehan. Mari kita dukung Via Vallen dan perempuan Indonesia lainnya yang berani bersuara demi martabat dan kehormatannya. Masyarakat juga jangan mem-bully korban," kata Puti Guntur Soekarno.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siap Lindungi Perempuan

Oleh karena itu, ke depan, Puti telah menyiapkan skema perlindungan terhadap perempuan.

"Tidak boleh lagi kaum perempuan didiskriminasi. Kita juga lindungi dari KDRT dan tindakan pelecehan melalui sistem pengaduan online yang kami integrasikan dengan para penegak hukum, juga menggandeng kabupaten/kota," tuturnya.

Puti mengaku, yang diperjuangkan dirinya bersama Gus Ipul adalah menjadikan kaum perempuan Jawa Timur bangga dengan martabatnya. Selama ini, dirinya mengaku banyak bertemu tokoh perempuan, mulai dari Muslimat NU, Fatayat NU, Aisyiyah, hingga begitu banyak ibu rumah tangga.

"Program saya tidaklah muluk-muluk, yaitu bagaimana harga kebutuhan pokok terjangkau, ibu-ibu hamil mendapat asupan gizi; semua balita sehat dan kemudian bersekolah gratis. Yang tidak kalah penting adalah pemberdayaan ekonomi rumah tangga. Sebab ibu-ibulah yang menjadi kunci kesejahteraan rumah tangga," tegas Puti.

 

Reporter : Witanto

Sumber  : Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.