Sukses

Perhatian pada UMKM, Puti Guntur Soekarno ke Rumah Kreatif Jatim

Liputan6.com, Ngawi - Calon Wakil Gubernur Puti Guntur Soekarno berkunjung ke Rumah Kreatif di pinggir Jalan Raya Ngawi-Solo. Puti Guntur Soekarno pun tertarik dengan pengembangan produk-produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di rumah tersebut.

Ia didampingi Bupati Ngawi Budi Kanang Sulistiyo. Di rumah itu, Puti Guntur Soekarno menyaksikan produk-produk unggul, melihat pengemasan, dan sistem pemasarannya.

"Rumah Kreatif dibuat untuk menampung kreativitas, ide-ide dan gagasan untuk pemuda dan pegusaha di Ngawi," ujar Bupati Kanang saat menemani Puti, Senin 4 Juni 2018.

Cucu mantan Presiden Pertama RI Soekarno ini disebut Kanang memiliki minat yang tinggi dengan ekonomi UMKM. 

"Apalagi sektor ini memberikan sumbangan yang sangat besar pada PDRB (Produk Domestik Reguonal Bruto) yang besar," ucapnya.

Dia menjelaskan, di Rumah Kreatif sering diadakan diskusi untuk mengembangkan produk UMKM yang mempunyai potensi pasar besar dengan memanfaatkan sistem online.

"Ini transaksinya sudah menggunakan sistem online. Produsen mendapatkan tawaran online dari customer baru diproses, bisa juga langsung dibeli jika barangnya tersedia," kata Kanang.

Minat Puti Guntur Soekarno yang tinggi kepada UMKM, menurut Kanang, lantaran sektor ini sangat dekat dengan perempuan, anak-anak muda, juga pelaku-pelaku usaha kecil.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

2 dari 2 halaman

Rumah Kreatif Baru Launching

Rumah Kreatif ini baru dilaunching beberapa pekan lalu dan mendapatkan apresiasi luar biasa. Bukan hanya dari warga Ngawi, tapi juga daerah lain.

Puti pun menyatakan komitmennya untuk memperkuat sektor UMKM di Jawa Timur. Selain memberikan alokasi anggaran melalui APBD Jawa Timur, bersama Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf atau Gus Ipul, Puti akan memberi dukungan kebijakan lain di pemerintahan.

"Kita semua sadar besarnya kontribusi UMKM dan sektor kreatif. Karena itu, pemerintah patut memberi dukungan bagi penguatan sektor ini," tandas Puti.

 

Reporter : Bruriy Susanto

Sumber  : Merdeka.com