Sukses

Warga Pakpak Bharat Curhati Sihar soal Potensi Daerah Sampai Monyet Liar

Menjawab keluhan warga, Sihar Sitorus mengatakan, Sumut yang kaya akan potensi alamnya, memang sepatutnya dapat dikelola dengan baik.

Liputan6.com, Pakpak Bharat - Warga Desa Buluh Tellang, Kecamatan Tinada, Pakpak Bharat curhat kepada Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sumatera Utara Sihar Sitorus yang mengunjungi Kabupaten tersebut pada Minggu 3 Juni 2018. Mereka mengharapkan pendampingan pemerintah untuk bisa mengelola potensi yang dimiliki daerah hasil pemekaran Kabupaten Dairi 28 Juli 2003 itu.

"Kami tidak tahu potensi apa di sini (Pakpak Bharat). Takut kalau kami salah, nanti dihukum. Jadi, lebih baik kami bertani saja. Padahal, tidak mungkin tidak ada potensi di Pakpak Bharat ini bisa jadi penghasilan kami," ungkap tokoh masyarakat, J Boang Manalu kepada Sihar dalam keterangan tertulis yang diterima, Senin (4/6/2018).

Kepada Sihar, warga juga mengeluhkan serangan hewan liar terhadap hasil pertanian, yakni, kopi, cabai, jeruk, dan lainnya. Warga Pakpak Bharat yang sebagian memiliki mata pencaharian sebagai petani, tak mampu mengatasi serangan hewan liar tersebut.

"Di sini monyet-monyet liar yang sering makan hasil pertanian kami. Ini tak bisa kami atasi dan sering buat kami merugi," keluhnya yang didampingi istri, T Anakampun.

Dengan begitu, warga mengharapkan adanya pendampingan pemerintah untuk memberikan pengetahuan kepada warga soal potensi besar yang dimiliki Pakpak Bharat tanpa merusak lingkungan dan melanggar ketentuan hukum yang berlaku.

"Kami inginkan adanya pendampingan dari pemerintah agar kami tahu apa potensi yang dimiliki daerah dan bagaimana pengelolaannya," katanya.

Menjawab keluhan warga itu, Sihar Sitorus mengatakan, Sumut yang kaya akan potensi alamnya, memang sepatutnya dapat dikelola dengan baik.

"Seharusnya memang adanya pendampingan dari pemerintah. Agar ada edukasi yang diberikan kepada masyarakat. Tak hanya soal potensi daerah, tapi juga pengelolaannya," ujar cawagub yang berpasangan dengan Djarot Saiful Hidayat itu.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harus Libatkan Masyarakat

Pengelolaan itu, tambah Sihar, tak bisa berjalan dengan baik dan maksimal tanpa dilibatkannya masyarakat. Hal ini pula yang menjadi visi misi Paslon yang diusung PDI Perjuangan dan PPP itu.

"Sumut kaya akan potensi daerah yang beragam. Tugas pemerintah untuk mengelolanya dengan baik. Tapi, pengelolaan tentu harus melibatkan masyarakat sebagai ujung tombak. Di sini, Djoss sudah siapkan program itu. Potensi-potensi daerah harus dilibatkannya masyarakat untuk berperan aktif," pungkas Sihar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.