Sukses

Ratusan Ribu Surat Suara Pilkada Jawa Timur Tiba di Kota Pasuruan

Pasuruan - Pencetakan surat suara untuk Pilkada Jawa Timur 2018 di Kota Pasuruan, rampung. Ratusan ribu surat suara pun tiba di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pasuruan.

Rencananya, KPU mulai melipat dan menyortir surat suara pada hari ini, Senin (28/5/2018).

Komisioner KPU Pasuruan Bidang Keuangan, Umum dan Logistik, Royce Diana Sari menjelaskan, pencetakan surat suara dilakukan pihak ketiga di Kudus, Jawa Tengah. Pukul 16.00 WIB, Sabtu 26 Mei 2018, pihaknya menerima 143.152 lembar surat suara.

"Itu merupakan jumlah keseluruhan dengan surat suara cadangan. Kalau jumlah DPR di Kota Pasuruan totalnya 139.508 pemilih," kata Royce.

Dia merinci, sebanyak 3.644 surat suara cadangan akan disiapkan di masing-masing TPS. Surat suara di masing-masing TPS akan akan ditambah 2,5 persen dari DPT. Sementara, ada 310 TPS di Kota Pasuruan.

"Jadi, jumlah DPT di tiap TPS dikalikan 2,5 persen untuk surat suara cadangan," ujar Royce.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Dijamin Aman

Dia menjamin, penyerahan surat suara dari pihak ketiga ke KPU Kota Pasuruan, aman dan rahasia. Begitu pula dengan penyimpanannya. Sebab, pihaknya melibatkan Polresta Pasuruan dalam proses itu.

Saat ini, seluruh surat suara yang masih dalam boks tersebut disimpan di ruang khusus.

"Keberadaan surat suara kami pastikan kerahasiaannya terjamin. Sebab ditempatkan di gudang dalam kondisi terkunci dan dijaga ketat polisi," kata Royce.

 

Baca berita menarik lainnya di JawaPos

Loading