Sukses

Ridwan Kamil: Bandara Kertajati Percepat Pertumbuhan Ekonomi di Jabar

Liputan6.com, Jakarta - Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 1, Ridwan Kamil, optimistis beropersinya Bandara Internasional Jawa Barat (BJIB) Kertajati, Majalengka, bakal mempercepat pertumbuhan ekonomi terutama wilayah Jawa Barat bagian timur.

"Dengan dibukanya Bandara itu, tentu arus manusia dan barang ke wilayah sana menjadi mudah. Majalengka dan sekitarnya akan menjadi menark bagi para investor,” kata Kang Emil, sapaan akrab Wali Kota Bandung nonaktif ini di Cianjur, Jumat, 25 Mei 2018.

BIJB Kertajati, Majalengka ,Kamis, 24 Mei, mulai beroperasi, ditandai dengan pendaratan perdana ,historical landing, pesawat kepresidren yang membawa rombongan Presiden Joiko Widodo. Ini merupakan bandara kedua terbesar di Indonesia setelah Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, Banten.

Bandara seluas1.800 hektare ini , mulai dibangun pada 2014 lalu. Dengan landas pacu sepanjang 2.500 meter x 60 meter dan paralel taxiway sepanjang 2.750 meter x 25 meter BIJB mampu melayani operasional pesawat A330. Di kompleks bandara ini juga akan dikembangkan aerocity, kasawan bisnis juga kawasan industri penerbangan.

Ridwan kamil menuturkan, jika investasi masuk maka roda perekonomian bergerak.

"Angkatan kerja bakal terserap ke berbagai bidang industri. Sementara pekerja informal juga mendapakan peluang karena di sana ada putaran uang," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Datangkan Investor

Menurut Emil, Pemerintah daerah di Majalengka dan sekitarnya harus memanfaatkan dibukanya BIJB dengan merayu banyak investor datang ke wilayahnya. Kedatangan investor dapat membuka lapangan kerja dan menyerap tenaga kerja sehingga otomatis dapat mengurangi pengangguran.

"Perizinan harus dipermudah karena dampaknya adalah membuka lapangan kerja baru, terutama bagi warga lokal. Jangan sampai kotanya terbangun, tapi warganya jadi penonton, mereka harus ikut sejahtera karena pembangunan tersebut” katanya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo melakukan historical flight dengan menggunakan pesawat Kepresidenan, ke BIJB pada Kamis, 24 Mei, pukul 09.30.

Presiden berharap bandara ini memberikan pelayanan kepada seluruh warga Jabar khususnya dan masyarakat Indonesia serta dunia yang ingin berkunjung ke Jabar. Beroperasinya BIJB Kertajati juga diharapkan memberikan dampak ekonomi bagi warga Majalengka dan Jabar keseluruhan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.