Sukses

Indikator: Pemilih yang Puas Kinerja Jokowi Dukung Ganjar-Yasin

Liputan6.com, Jakarta - Hasil survei Indikator mengungkapkan ada kaitan kepuasan pada pemerintahan Jokowi dengan pilihan warga Jawa Tengah dalam memilih gubernur. Mayoritas masyarakat yang puas terhadap kinerja Presiden Jokowi mendukung pasangan Ganjar Pranowo - Taj Yasin di Pilgub.

Dari 82,9 persen responden Jawa Tengah yang puas terhadap kinerja Jokowi, 76,3 persen memberikan dukungan ke Ganjar-Yasin, sisanya 18,7 persen memberi dukungan ke Sudirman Said-Ida Fauziyah.

"Mayoritas dari mereka yang puas atau sangat puas terhadap kinerja Joko Widodo sebagai kepala pemerintahan juga memberikan dukungan terhadap pasangan Ganjar Pranowo dan Taj Yasin," kata Peneliti Indikator Kuskridho Ambadi di Kawasan Cikini Jakarta Pusat, Senin (21/5/2018).

Tak hanya itu, Kuskridho juga menyebut bahwa mayoritas pemilih Jawa Tengah yang mendukung Jokowi di Pilpres, juga memberikan dukungannya kepada Ganjar-Yasin. Berdasarkan survei, 74,1 persen pendukung Jokowi di Jateng, 80,3 persennya mendukung pasangan nomor urut satu itu.

"Dari survei menunjukkan adanya paralelitas antara politik elektoral di tingkat nasional (Pilpres) dan ditingkat lokal (Pilgub). Mayoritas mereka yang mendukung Joko Widodo juga memberikan dukungan politiknya ke Ganjar Pranowo," jelas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Metode dan Populasi Survei

Survei ini dilakukan pada 12-21 Maret 2018. Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia di Provinsi Jawa Tengah yang memiliki hak pilih dalam Pemilu.

Dalam survei ini jumlah sampel sebanyak 820 orang dengan metode multistage ramdom sampling dan memiliki toleransi kesalahan atau margin of error sebesar 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih.

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.