Sukses

Cagub Sudirman Said Dukung Pemekaran Kabupaten Brebes Selatan

Liputan6.com, Jakarta - Calon Gubernur Jawa Tengah, Sudirman Said, mendukung pemekaran Kabupaten Brebes Selatan. Ia mengungkapkan alasan dukungannya.

"Atas nama keadilan dan pemerataan, atas nama kebaikan bagi kedua wilayah, sehingga Brebes utara tidak terlalu berat, dan selatan bisa menata diri menjadi wilayah yang makmur," katanya saat berdialog dengan warga masyarakat Kecamatan Bumiayu, Minggu (20/5/2018) di Kecamatan Bumiayu, Jawa Tengah.

Rencana daerah baru Brebes Selatan akan meliputi enam kecamatan yakni Bumiayu, Tonjong, Salem, Bantarkawung, Paguyangan, dan Sirampog. Sudirman berjanji akan mengawal proses pemekaran bila terpilih menjadi gubernur Jawa Tengah.

"Saya akan mengawal dan menopang sekuat-kuatnya, sebaik-baiknya, tanpa ribut-ribut, sampai aspirasi masyarakat Brebes selatan ini tercapai tujuannya, supaya dua wiayah tersebut hidup berdampingan dan saling menopang," mantan Menteri ESDM ini.

Ia menilai pemekaran Brebes sudah melalui kajian obyektif. Tim dari Universitas Diponegoro (Undip) Semarang melakukan kajian akademis pemekaran kabupaten baru dari daerah induknya yakni Kabupaten Brebes.

Hasil kajian akademis tersebut menyatakan Kabupaten Brebes wilayah selatan berpotensi menjadi kabupaten sendiri. Ada beberapa indikator sebuah daerah yang berpisah dengan daerah induk.

Indikator itu tercantum dalam Undang Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.

"Sudah lama selatan itu jauh dari ibu kota kabupaten. Wilayah Brebes itu panjang, dalam pengelolaan pemerintahan, jika dipaksakan dikelola pada satu titik, bagian selatan kurang mendapatkan perhatian," papar Sudirman Said.

 

2 dari 2 halaman

Potensi Pariwisata

Sudirman Said melihat Brebes Selatan punya potensi untuk berkembang. Ia menyoroti nilai pariwisata yang menonjol.

"Alamnya yang baik untuk pariwisata, jika dioptimalkan itu sangat baik,” ia menambahkan.

Berbagai potensi pariwisata tersebut, kata dia, diantaranya adalah pariwisata Kaligua di Bumiayu, kemudian di wilayah barat ada Kecamatan Salem dengan batiknya, kesenian hingga turnamen motorcross.

“Pembangunan pariwisata itu mudah didorong karena ada investasi, sehingga mudah terdongkrak industri lain, seperti kerajinan, kuliner, penginapan akodomasi akan mengikuti, dan sekali lagi, sunatullah kabupaten Brebes selatan itu ada, tinggal bagaimana memulainya,” terang dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini

Artikel Selanjutnya
Temui Politikus Senior Tjetje Hidayat Padmadinata, Demiz Minta Nasihat
Artikel Selanjutnya
Kader Demokrat Ini Mundur Demi Dukung Djarot-Sihar