Sukses

Mimpi Ridwan Kamil Sulap Situ Bagendit Jadi Destinasi Wisata Garut

Liputan6.com, Garut - Calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ingin menjadikan Situ Bagendit di Kabupaten Garut, Jawa Barat menjadi taman teratai seperti yang ada di Tionghoa. Tujuannya, kata dia, agar menjadi daya tarik yang akan mendongkrak pariwisata Garut.

"Saya lihat di sini ada potensi teratai, nanti bisa kita buat taman seperti di Cina (Tionghoa) berjalan-jalan di atas teratai, murah meriah indah pakai bambu," ujar Ridwan Kamil saat safari politik ke objek wisata Situ Bagendit di Kabupaten Garut, seperti dilansir Antara, Kamis (17/5/2018).

Ia menuturkan, kunjungannya ke objek wisata Situ Bagendit di Kecamatan Banyuresmi seperti pulang kampung ke rumah kakeknya yang saat ini tempatnya tidak pernah berubah.

Pasangan Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruhzanul Ulum itu mengaku kakeknya KH Muhyidin adalah pendiri Pesantren Pagelaran di Banyuresmi dan kunjungan ini mengingatkan masa kecil 40 tahun yang lalu.

"40 tahun lalu, saat masih duduk di TK, saya pernah ke Situ Bagendit," kata dia.

Pria yang karib disapa Emil ini berjanji jika terpilih menjadi gubernur akan menata kawasan wisata Situ Bagendit menjadi istimewa dan menarik untuk dikunjungi.

"Kalau saya jadi gubernur saya ingin menata tempat yang istimewa ini," ucap Ridwan Kamil.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

2 dari 2 halaman

Layak Jadi Taman Teratai

Menurut Emil, Situ Bagendit yang berada di kawasan utara Garut itu layak menjadi taman teratai serta dilengkapi dengan restoran apung.

"Restoran juga kualitasnya masih kurang baik, nanti kita perbaiki," tuturnya.

Dia mengungkapkan, penataan kawasan pariwisata itu sesuai dengan visi misi pasangan Rindu (Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum) untuk mengembangkan satu desa satu destinasi pariwisata di Jawa Barat.

Pasangan Rindu, kata Emil, berkomitmen menjadikan satu potensi pariwisata baru di tiap daerah untuk dikembangkan atau diperbaiki. Sehingga, seluruh destinasi pariwisata di Jawa Barat kualitasnya standar internasional.

"Ekonomi paling cepat, mudah dan murah itu dari pariwisata," tegas Emil.

Sementara itu, aktivis pegiat ekonomi kreatif Berdaya Kreatif Foundation, Evi Kartika mengapresiasi kehadiran Emil ke Situ Bagendit.

Menurut dia, potensi sosial ekonomi di kawasan Situ Bagendit tinggi namun masih banyak yang perlu dibenahi dan dikembangkan.

"Mudah-mudahan Kang Emil jadi gubernur, sehingga bisa membantu, mohon program-program penguatan dan pemberdayaan masyarakat di Garut, khususnya di kawasan Situ Bagendit," tandas Evi.

Artikel Selanjutnya
Gus Ipul-Puti Harap Ramadan Bawa Berkah bagi Warga Jatim
Artikel Selanjutnya
Kiai Sepuh Minta Sudirman Said-Ida Fauziyah Perhatikan Pesantren