Sukses

Amankan Pasokan Air Sumut, Djarot Ingin Cepat Tuntaskan Proyek PDAM

Calon Gubernur Sumatera Utara Djarot Saiful Hidayat melihat pembangunan proyek intake air minum dan bendungan.

Medan - Usai berkunjung ke Bendungan DI Sei Wampu yang ada di Kabupaten Langkat, Calon Gubernur Sumatera Utara Djarot Saiful Hidayat dan anggota Komisi V DPR RI Nusyirwan Soedjono melanjutkan perjalanan ke PDAM Tirtasari, Jalan Gunung Sinabung Marcapada, Kota Binjai.

Di sana, mereka melihat pembangunan proyek intake air minum dan bendungan. Djarot pun melihat pembangunan yang masih jauh dari kata rampung.

Dia mengatakan, harus ada percepatan pembangunan akses air bersih karena air merupakan kebutuhan primer.

"Kita sudah mencanangkan universal akses, baik itu air bersih, sanitasi ataupun menghilangkan daerah kumuh. Itu sudah komitmen," ujar Djarot, seperti dikutip dari Jawapos.com, Kamis (10/5/2018).

Djarot menilai, proyek ini sangat strategis. Sehingga, kata dia, ini bisa untuk menyediakan air bersih.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bendungan Kirim Pasokan Air Bersih

Bendungan yang ditinjau Djarot merupakan bendungan yang berperan memasok kebutuhan air minum di tiga kabupaten/Kota yakni Medan, Binjai, dan Deli Serdang.

Ia mencatat, untuk Kota Medan pasokan air sudah masuk di angka 79 persen dan Binjai tercatat 29 persen dan Deli serdang 11 persen.

"Karena melintasi antar wilayah, maka pemerintah provinsi harus ada di situ. Untuk penyediaan air minum. Bahan baku cukup bagus, kerjaan cukup bagus. Tinggal in take, diproses dan disalurkan ke rumah tangga," pungkas Djarot.

 

Baca berita menarik dari Jawapos.com lainnya di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.