Sukses

Temui Relawan Jokowi dan Petani, Puti Pamer Program untuk Jatim

Liputan6.com, Lamongan - Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno bertemu dengan relawan Joko Widodo (Jokowi) dan petani saat berkampanye di Desa Tawang Rejo, Kecamatan Turi, Lamongan, Jawa Timur, pada Senin, 23 April 2018.

"Salam dua jari. Dua periode untuk Pak Jokowi sebagai Presiden. Salam dua jari untuk Jawa Timur, Gus Ipul Gubernur dan Mbak Puti Wakil Gubernur Jawa Timur," ujar Puti Guntur Soekarno.

Puti yang berpasangan dengan Calon Gubernur Jawa Timur Syaifullah Yusuf atau Gus Ipul ini mengaku banyak program yang akan dijalankan dalam rangka menyejahterakan masyarakat Jatim.

"Misalnya, mengangkat pertumbuhan ekonomi di daerah pedesaan, khususnya untuk perempuan. UKM yang sudah ada ini akan kita bina dan kembangkan melalui pendampingan dan pelatihan. Telur asin, keripik, ikan dari petani tambak dan peternak bebek ini akan lebih bagus dikemas dan dipasarkan melalui online," paparnya.

Dengan hasil karya UMKM ini,lanjut Puti, ada program khusus untuk masyarakat guna meningkatkan penghasilan dengan usaha yang lebih maju lagi bernama Super Star.

Puti menjelaskan, program Super Star ini memberikan peningkatan pemberdayaan UMKM yang basisnya berpihak pada perempuan. Tujuannya, kata dia, untuk membuka dan memperluas lapangan kerja di pedesaan.

"Kita nanti juga memberikan permodalan pada pelaku UMKM untuk membantu sarana prasarana, seperti misalnya bagi mereka yang mau beli mesin pembuat abon ikan," ucap Puti Guntur Soekarno.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

2 dari 2 halaman

Peningkatan Produktivitas

Program peningkatan produktivitas bagi pelaku UMKM ini, kata Puti, perlu diberikan pelatihan dan pendampingan oleh mereka yang memiliki inovasi juga kreativitas tinggi yang biasanya dilakukan anak-anak muda dan perempuan.

"Seperti membantu mendesain kemasan yang bagus, supaya menarik dan diterima ketika dipasarkan di tengah masyarakat. Kalau hasil karya UMKM itu kemasannya terlihat bagus, maka akan bisa dipasarkan ke tempat retail," kata Puti.

Kemudian juga, tambah dia, nantinya para pelaku UMKM juga akan dibekali penguatan kelembagaan sehingga pegiat UMKM ini mampu mengolah keuangan dengan baik.

"Tapi, semua program itu tidak bisa ada dan jalan. Jika Gus Ipul dan saya, Puti Guntur Soekarno tidak terpilih menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur. Maka jangan lupa tanggal 27 Juni coblos nomor dua menangkan Gus Ipul dan Puti yang pakai kerudung merah," jelas Puti.

 

Reporter : Bruriy Susanto

Sumber  : Merdeka.com

Artikel Selanjutnya
KPU Kota Depok Gencar Sosialisasi Pilkada Jabar 2018
Artikel Selanjutnya
Cawagub Ida Fauziyah Sayangkan Masih Banyak Perempuan Miskin