Sukses

Kiai Pendukung Khofifah di Banyuwangi Mulai Merapat ke Gus Ipul

KH Khotib Habibullah, pengasuh Pondok Pesantren Ummul Quro, Banyuwangi, kini lebih memilih mendukung calon gubernur Jawa Timur nomor urut 2 Gus Ipul.

Liputan6.com, Banyuwangi - Dukungan elemen kiai pada Khofifah Indar Parawansa terus berkurang. Selain karena mayoritas kiai sepuh tidak mendukung Khofifah, beberapa kiai dari pesantren sedang yang semula mendukung saat ini mulai balik arah.

Hal ini terlihat dari beralihnya dukungan KH Khotib Habibullah, pengasuh Pondok Pesantren Ummul Quro, Banyuwangi.

Kiai karismatik ini, kini lebih memilih mendukung calon gubernur Jawa Timur nomor urut 2, Saifullah Yusuf atau Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno, ketimbang mendukung Khofifah.

Dukungan kepada Gus Ipul ini diberikan secara spontan ketika keponakan KH Abdurrahman Wahid ini sowan dadakan ke Pesantren Ummul Quro, Sabtu, 14 April 2018.

Gus Ipul yang sowan tanpa pemberitahuan ini sempat membuat KH Khotib kaget. Bahkan KH Khotib langsung memeluk Gus Ipul dan berdoa agar cucu pendiri NU KH Bisri Syansuri ini bisa menjadi gubernur Jawa Timur.

Selain mendoakan Gus Ipul, KH Khotib bahkan bersedia mendampingi untuk mengampanyekan Gus Ipul di beberapa tempat di Banyuwangi. Acungan dua jari juga selalu dia lakukan di hadapan masyarakat ketika dirinya bersama Gus Ipul diajak selfie oleh warga.

"Alhamdulillah, saya bisa sowan silaturahmi ke KH Khotib," kata Gus Ipul usai bertemu tertutup dengan KH Khotib.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.